Jalur Penghubung Baleendah - Dayeuhkolot Masih Terputus

Jalur Penghubung Baleendah - Dayeuhkolot Masih Terputus

Jalan Raya Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. (foto - @ bidanrika)

Bandung - Jalur  penghubung  antara  Kecamatan  Baleendah  menuju  Dayeuhkolot Kabupaten Bandung masih terputus, akibat Jalan Raya Dayeuhkolot terendam hingga tak bisa dilewati kendaraan, Senin(14/1/2019).
 
Berdasarkan penuturan sejumlah warga Kampung Kaum Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, akses jalan Dayeuhkolot terendam banjir sejak tadi malam sekitar pukul 24.00 WIB. 
"Air mulai naik tengah malam. Rumah warga juga terendam, sehingga mereka mengungsi ke rumah saudara," kata warga.
 
Menurutnya, sebagian besar warga baik yang mau bersekolah maupun ke bekerja memilih pulang kembali karena tokonya tersebut terendam banjir. "Tadi menerjang banjir pakai delman. Namun setelah sampai, kata bos untuk sementara libur soalnya tokonya kebanjiran," keluhnya.
 
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung sejak Minggu sore hingga malam hari menyebabkan tiga kecamatan terendam, yakni Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Kecamatan Bojongsoang.
 
Sejumlah akses jalan di tiga kecamatan itu pun terputus tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat. Salah satunya di jalan penghubung dari kawasan Baleendah menuju Dayeuhkolot.
 
Akses jalan Dayeuhkolot menuju Baleendah terendam banjir, utamanya di depan pabrik garmen Metro. Banjir juga kembali merendam di sekitar Pasar Dayeuhkolot. Arus lalu lintas dari Bandung-Dayeuhkolot menuju Baleendah pun dialihkan ke Jalan Bojongsoang dan Rancamanyar.
 
Kondisi itu membuat arus lalu lintas di Jalan Bojongsoang menuju Baleendah padat merayap. Termasuk di jalur arah Rancamanyar menuju Pameungpeuk - Banjaran. Akses jalan yang terendam banjir hanya bisa dilewati oleh delman ataupun perahu.
 
Sementara itu, KBO Lantas Polres Bandung Iptu Kiki Hartaki mengatakan, banjir yang merendam tiga kecamatan terjadi sejak kemarin sekitar pukul 21.00 WIB. Sementara kepadatan jalan di Bojongsoang dan Baleendah terjadi pagi tadi, mulai dari pukul 05.00 hingga 06.00 WIB.
 
Iptu Kiki mengatakan, saat ini pihaknya fokus menempatkan personel, memberikan informasi kepada pengendara serta melakukan pengalihan arus mulai dari jalan simpang Siliwangi, Rencong dan pertigaan Jalan Asem. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,