PBB Mengutuk Keras Kerusuhan di Libya

PBB Mengutuk Keras Kerusuhan di Libya

PBB Mengutuk Keras Kerusuhan di Libya

PBB, New York - Dewan Keamanan (DK) PBB pada Rabu (26/11/2014) atau Kamis WIB  mengutuk keras meningkatnya kerusuhan di Libya, dan mendesak dilancarkannya upaya konstruktif guna melanjutkan proses politik banyak pihak guna mengatasi tantangan keamanan dan politik di sana.

Di dalam pernyataan pers yang dikeluarkan di Markas PBB, New York, anggota DK menyampaikan "keprihatinan sangat besar" mereka mengenai situasi yang memburuk dan dampaknya terhadap kestabilan dan perdamaian regional. Mereka menyampaikan dengan keprihatinan serangan belum lama ini terhadap prasarana sipil dan pemerintah.

"Anggota Dewan Keamanan dengan keras mengutuk pelanggaran hak asasi manusia dan pelecehan di Libya, penggunaan kekerasan terhadap warga sipil dan lembaga sipil serta intimidasi terhadap masyarakat, termasuk personel PBB. Mereka mengutuk upaya untuk mengintimidasi dan menghalangi fungsi layak lembaga keuangan di Libya," kata pernyataan tersebut.

PBB telah melaporkan peningkatan permuduhan belum lama ini di Libya, di tengah serangan udara di Tripoli dan Pegunungan Nafusa di bagian barat negeri tersebut serta di Benghazi dan sekitarnya di bagian timur, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi. Pertempuran berkecamuk cuma beberapa hari setelah gencatan senjata yang diperantarai PBB membawa ketenangan sementara bagi Benghazi dan memberi warga sipil di sana rasa lega yang sangat diperlukan dari kerusuhan dan kesempatan untuk mengungsi serta menemukan mayat korban.(Ode)**
 
.

Categories:Internasional,