Dampak 'Supermoon' BMKG Peringatkan 7 Wilayah Perairan

Dampak 'Supermoon' BMKG Peringatkan 7 Wilayah Perairan

Supermoon. (foto - TimeAndDate)

Bandung - Badan  Meteorologi  Klimatologi  dan  Geofisika   (BMKG)   mengeluarkan  peringatan  dini  terhadap  7  wilayah perairan di Indonesia bakal terdampak gerhana bulan total, yang berbarengan dengan fenomena Supermoon.
 
Kejadian alam gerhana bulan total dan Supermoon tersebut terjadi, pada Senin 21 Januari 2019. Namun, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk 7 wilayah yang terdampak gerhana bulan total dan Supermoon itu untuk beberapa hari.
 
Peringatan dini tersebut adalah akan terjadinya pasang maksimum air laut di sejumlah wilayah Indonesia untuk beberapa hari ke depan. Kondisi pasang maksimum air laut disebutkan, karena adanya fenomena Supermoon (posisi perigee atau jarak terdekat bulan terhadap bumi) disertai dengan bulan purnama.
 
Peringatan ini berlaku mulai Sabtu 19 Januari 2019 hingga Selasa 22 Januari 2019. Seperti dikutip dari informasi BMKG yang diunggah lewat Instagram menyebutkan, wilayah yang masuk peringatan dini itu antara lain, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, pesisir Cilacap, pesisir Tanjung Benoa, Bali, pesisir Kalimantan Barat, pesisir Makassar.
 
Untuk itu, masyarakat diimbau agar waspada terhadap fenomena alam tersebut. BMKG menyebutkan, kondisi itu juga dapat berdampak terhadap terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.
 
Selain itu, masyarakat diminta untuk selalu memantau perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG atau situs maritim BMKG, media sosial BMKG dan aplikasi BMKG yang dapat diunduh di smartphone. Peringatan pasang maksimum itu juga disampaikan pihak BMKG lewat akun resmi Instagram @infobmkg. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,