Amblas, Jalur Penghubung Bireun - Takengon Terputus

Amblas, Jalur Penghubung Bireun - Takengon Terputus

Lalu lintas terputus, jalan lintas nasional penghubung Kabupaten Bireun dengan Takengon di Aceh amblas. (foto - ist)

Aceh - Jalan lintas nasional yang merupakan sarana penghubung antara Kabupaten Bireun dan Takengon di Provinsi Aceh amblas. Lalu lintas di jalan itu pun terpaksa dialihkan ke jalur lain, Minggu (20/1/2019) sekitar pukul 14.30 WIB.
 
Jalan amblas akibat hujan deras hingga tanah di sekitar tergerus yang menyebabkan longsor. Lokasi jalan amblas tersebut tepatnya berada di Desa Jamur Ujung Kecamatan Wih Pisam Kabupaten Bener Meriah.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ahmad Dadek mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi yang berdurasi 5 jam lebih, diduga yang menyebabkan jalan tersebut amblas.
 
Kemungkinan, kondisi tanah di Km 85 itu lunak sehingga mudah tergerus saat hujan. "Akibat tanah longsor tersebut menyebabkan badan jalan terputus total, yang berdampak kendaraan tidak dapat melintas baik roda empat dan roda dua," kata Dadek.
 
Namun, beruntung saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas. Biasanya, jalur tersebut padat kendaraan karena menjadi akses utama yang menjadi penghubung antar-kabupaten.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah sudah menuju ke lokasi untuk melakukan pengecekan. Selain itu, diambil keputusan untuk mengalihkan lalu lintas ke jalur lain karena jalan putus total.
 
"BPBD Kabupaten Bener Meriah telah turun ke lapangan untuk memeriksa kontur tanah yang longsor," tegas Dadek. Sejauh ini, aktivitas lalu lintas di jalur itu masih dihentikan untuk sementara waktu. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,