Merapi Semburkan Lava Pijar, Tiga Desa Boyolali Hujan Abu

Merapi Semburkan Lava Pijar, Tiga Desa Boyolali Hujan Abu

Gunung Merapi semburkan lava pijar menyebabkan 3 desa di Boyolali hujan abu. (foto - ist)

Boyolali - Sedikitnya tiga desa di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah terkena dampak hujan abu Gunung Merapi. Hujan abu tersebut mengguyur setelah Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar, Selasa (29/1/2019) malam sekitar pukul 20.17 WIB.
 
Aktivitas itu pun terpantau oleh Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang Kabupaten Sleman Yogyakarta. Guguran lava pijar tersebut mengarah ke hulu Kali Gendol dengan durasi 141 detik.
 
"Guguran lava pijar teramati dari CCTV. Status Gunung Merapi masih Waspada (Level II)," kata petugas jaga PGM Kaliurang, Lasiman.
 
Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun twitter mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan mewaspadai terjadi hujan abu lokal.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali Bambang Sinungharjo menyatakan, hujan abu terjadi di Desa Mriyan, Desa Cluntang serta Desa Ringin Larik.
 
Tiga desa itu masuk ke dalam wilayah Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali Jateng. Namun demikian, hujan abu tersebut tidak sampai mengganggu jarak pandang karena hanya tipis. "Kita lihat masih aman dan terkendali karena hujan abu hanya tipis," katanya.
 
Bambang menyebutkan, guguran lava pijar Gunung Merapi mengarah ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak luncur 1.400 meter durasi 141 detik. Adapun tingkat aktivitas Gunung Merapi waspada level II.
 
Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada. "Kami mengimbau kepada masyarakat supaya tetap tenang dan waspada," tegas Bambang. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,