Jokowi Panen Udang Bersama Petambak di Muara Gembong

Jokowi Panen Udang Bersama Petambak di Muara Gembong

Panen raya tambak udang di Desa Pantai Bakti Kecamatan Muara Gembong Bekasi Jabar. (foto - Twitter)

Bekasi - Presiden  Jokowi  melakukan  panen  raya  tambak udang bersama petambak Desa Pantai Bakti Kecamatan Muara Gembong Bekasi Jabar. Jokowi menarik langsung jaring yang digunakan untuk memanen udang. Saking bersemangat, tangan Jokowi pun sempat berdarah kena udang saat menarik jala.
 
"Ya. terkena udang," kata Jokowi sesaat setelah memanen udang di Tambak Muara Gembong Bekasi Jawa Barat, Rabu (30/1/2019). Usai memanen Jokowi mengaku sempat tegang saat menarik jala udang.
 
Namun setelah dilakukan ketegangan itu hilang dan justru merasa gembira karena udang yang dipanen cukup banyak. "Sekarang sudah enggak tegang lagi," katanya.
 
Selain memanen udang Jokowi juga rencananya akan meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Meekar), yang dijalankan oleh PT Permodalan Nasionalnya Madani (PNM). Ia juga akan meninjau program elektrifikasi miliki PT PLN (Persero).
 
Untuk panen raya udang di tambak Muara Gembong itu  sendiri merupakan sinergi antar Kementerian dan Lembaga dan Perusahaan BUMN. Perhutani tercatat memiliki lahan seluas 11.655 hektar (ha) dengan lahan potensi garap seluas 2.036 ha.
 
Perhutani telah mengalokasikan lahan seluas 830,55 ha sebagai Demontration Plot (Demplot) dari Program Perhutanan Sosial, di mana terdapat dua pilot project di atas lahan seluas 80,9 ha.
 
Sementara Bank Mandiri berperan dalam memberikan bantuan benih dan bibit udang ke petani penggarap sejak program itu, yang diluncurkan pada tahun lalu.  Dukungan bagi pelaksanaan program hutan sosial di Muara Gembong juga dibarengi program revitalisasi lahan tambak, dan perbaikan infrastruktur pendukung di area tambak.
 
Perbaikan infrastruktur antara lain melalui perbaikan dan pengerasan jalan, pengadaan dan instalasi jaringan listrik serta pengadaan infrastruktur pendukung tambak. Antara lain pembangunan saung, menara pantau, kincir air fishery, pompa air, genset, rumah genset dan tempat penampungan hasil tambak. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,