Jalur Lahat-Pagaralam Terputus Total Amblas Hingga 15 Meter

Jalur Lahat-Pagaralam Terputus Total Amblas Hingga 15 Meter

Jalan nasional antara Kota Pagaralam - Kabupaten Lahat Sumsel terputus akibat jalan amblas. (foto - Polres Lahat)

Palembang - Jalur penghubung antara Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam Sumatera Selatan terputus total menyusul tanah amblas di jalan tersebut sedalam 15 meter, Sabtu (2/2/2019) sekitar pukul 01.30 WIB dinihari.
 
Seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat praktis tidak bisa melintas di jalan tersebut. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatera Selatan Dharma Budi mengatakan, jalan itu merupakan jalan nasional.
 
Dengan begitu, masalah itu merupakan tanggung jawab dari Badan Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) V. "Tim dari BPJN V sudah bergerak ke lokasi, karena memang itu adalah jalan nasional," kata Dharma.
 
Menurutnya, pergeseran tanah hingga menyebabkan jalan mengalami longsor dikarenakan adanya erosi di bawah permukaan lapisan jalan, yang terkikis oleh hujan deras yang mengguyur Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir.
 
"Karena adanya erosi dari air yang berada di bawah permukaan lapisan jalan, sehingga tanahnya tergerus oleh air sampai ke permukaan aspal. Saat ini motor dan mobil tidak bisa melintas, karena jalannya putus," katanya.
 
Untuk itu, arus lalu lintas dialihkan di di ruas Simpang dan Simpang Bacang. Sementara proses perbaikan jalan diprediksi akan selesai pada satu pekan mendatang hingga kembali bisa digunakan oleh seluruh kendaraan.
 
Selain itu, warga diimbau untuk tetap waspada ketika melintas di sekitar daerah pegunungan seperti kawasan Tanjung Sakti, Pagaralam dan Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. "Di wilayah itu kita sudah standby alat berat di UPTD masing-masing," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,