Jokowi Serahkan 115 Sertifikat Wakaf untuk Rumah Ibadah

Jokowi Serahkan 115 Sertifikat Wakaf untuk Rumah Ibadah

Jokowi Serahkan 115 Sertifikat Wakaf untuk Rumah Ibadah

Cianjur - Presiden Jokowi menyerahkan sebanyak 115 sertifikat tanah wakaf untuk rumah ibadah dan lembaga pendidikan di Masjid Al-Ittihad Cianjur Jawa Barat.
 
Dipastikan, pemerintah akan mempercepat penerbitan sertifikat untuk rakyat. Pada 2017, Jokowi telah menargetkan 5 juta sertifikat, dan 7 juta sertifikat pada 2018. Sedangkan untuk tahun ini ditargetkan 9 juta.
 
"Kenapa sertifikat ini kita kerjakan dan dipercepat? Setiap saya ke daerah masuk ke desa dan kampung, banyak yang memberikan masukan kepada saya mengenai sengketa lahan, sengketa tanah dan konflik tanah," kata, Jumat (8/2/2019).
 
Menurutnya, tanah wakaf untuk masjid dan musala juga masih banyak yang belum memiliki sertifikat. Dengan demikian, para pengurus rumah ibadah itu belum memiliki hak hukum atas tanah tersebut.
 
"Kejadian ini banyak, saya ceritakan di Jakarta misalnya, sudah dibangun bertahun-tahun enggak ada masalah, tapi belum mengantongi sertifikat. Begitu tanah di situ harganya 120 juta per meter, maka ahli waris mempermasalahkannya," tegasnya.
 
"Sementara di provinsi lainnya di Sumatera, masjidnya memang gede sekali, namun separuh tanahnya dipermasalahkan juga karena belum pegang yang namanya sertifikat," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,