Jembatan yang Menghubungkan Subagan - Asak di Bali Ambruk

Jembatan yang Menghubungkan Subagan - Asak di Bali Ambruk

Jembatan menghubungkan Subagan - Asak di Karangasem Bali ambruk. (foto - ist)

Karangasem - Akibat tergerus air sungai yang cukup deras, jembatan yang menghubungkan Subagan menuju Asak di Karangasem Bali  akhirnya ambruk, Sabtu (9/2/2019). Akibatnya, aktivitas warga pun menjadi terganggu.
 
Warga yang rumahnya berada di dekat jembatan harus memutar jauh, saat hendak ke Kota Amlapura. Menurut penuturan warga I Nyoman Mudarsa, jembatan itu putus sekitar pukul 07.00 Wita. Sebelum jembatan putus, di bawah jembatan sudah tergerus air sungai.
 
Jembatan putus dikarenakan penahan di bawah jembatan sudah tidak kuat menahan beban hingga akhirnya ambruk. "Saya sempat melihat jembatan tapi belum putus. Saat itu saya ke ladang untuk mencari pakan ternak. Tapi setelah balik jembatan sudah putus,” katanya.
 
Bahkan, sebelum jembatan putus masih ada sejumlah pejalan kaki dan sepeda motor yang melintasi jembatan itu. Beruntung, ketika melintas, jembatan tidak ambruk. "Kalau pas itu putus, pasti ada korban," ujarnya.
 
Mudarsa menyatakan, jika sebelum diperbaiki sekitar 2015, jembatan ini memang sudah ada sejak lama. "Biasanya kalau jembatan ada besinya agar lebih kuat. Namun di jembatan ini tidak ada besinya”.
 
Menurutnya, akibat bencana ini aktivitas warga di dekat jembatan menjadi terganggu. Pasalnya, warga yang ingin ke Kota Amlapura dan tempat lainnya, harus memutar melalui jalur alternatif yang lumayan jauh.
 
"Warga harus melintasi jalur alternatif. Di sini memang ada jalan alternatif tembus di kuburan, tapi jalannya kecil cukup sepeda motor. Kalau mobil harus melewati jalur Bungaya dan Jasri," katanya.
 
Kadis PUPR I Ketut Sedana Merta mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah menutup jalan supaya tidak ada warga yang melintasi jembatan itu. "Kita sudah pasang plang imbauan agar tidak ada yang melintas jembatan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,