Tanggul di Pasirjati Jebol Bandung Timur Tergenang 3 tewas

Tanggul di Pasirjati Jebol Bandung Timur Tergenang 3 tewas

Tim SAR Gabungan bersihkan material banjir di Kompleks Jati Indah Regency Dusun Pasirjati Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. (foto - Twitter)

Bandung - Tanggul  yang berada di kawasan Pasirjati jebol, menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung sejak Sabtu sore hingga malam hari. Akibatnya, dari dari tanggul tersebut meluap ke sejumlah warga maupun ke jalanan.
 
Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Sudrajat mengatakan, banjir bandang itu menyapu 12 rumah warga di Kompleks Jati Endah Regency Dusun Pasirjati, Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung.
 
Menurutnya, dua dari rumah yang terkena banjir bandang itu mengalami rusak berat, sedangkan yang lainnya rusak sedang. "Banjir bandang menyapu 12 rumah warga, di antaranya, dua rumah ambruk, 10 rumah rusak sedang," kata Sudrajat, Minggu (10/2/2019).
 
Dalam kejadian itu, terdapat sebanyak enam orang korban yang terimbas bencana. Dari jumlah tersebut tiga orang meninggal dunia, satu orang luka berat dan 2 orang lainnya luka ringan. Korban jiwa tiga orang atas nama Firdasari (35) sudah diketemukan. Selain itu, Nuraini (25) serta Rauvan (17 bulan).
 
Sejauh ini BPBD, Basarnas, Dinas Kebakaran dan muspika setempat tengah melaksanakan evakuasi dan pencarian warga yang dinyatakan masih hilang. Sementara untuk bantuan BPBD melakukan penanganan darurat berupa pemberian pacul, sekop dan garpu.
 
Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur wilayah Bandung bagian timur menyebabkan tanggul di Pasirjati jebol, yang merendam sejumlah rumah warga di kawasan Pasirjati Ujungberung Bandung. 
 
Sebelumnya, Juru Bicara Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, tim SAR dibantu kepolisian, TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung  tengah berada di lokasi kejadian untuk membantu evakuasi hingga Sabtu dinihari. "Tim sangat berhati-hati karena arusnya cukup deras di sekitaran rumah yang hancur," katanya.
 
Atas kejadian itu warga diimbau untuk tetap mewaspadai dampak banjir akibat tanggul jebol.  "Diimbau warga khususnya yang berada di wilayah Bandung Timur agar lebih waspada terhadap dampak banjir," lanjutnya.
 
Akibat jebolnya tanggul tersebut menyebabkan sebagian wilayah di Bandung Timur tergenang banjir. Untuk kawasan Gedebage genangan air sudah setinggi lutut orang dewasa. "Dampak banjir hampir di sebagian Bandung Timur," katanya.
 
Sejauh ini, Tim SAR fokus menyisir tiga lokasi terdampak banjir. Yakni di kawasan Jalan Pasirjati Timur Kecamatan Cilengkrang, Jalan Rumah Sakit Kecamatan Cinambo dan Jalan Bojong Awi Kidul Kecamatan Arcamanik. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,