Marquez Antusias Belajar Angklung di Saung Udjo Bandung

Marquez Antusias Belajar Angklung di Saung Udjo Bandung

Marc Marquez antusias belajar dan memainkan alat musik angklung di Saung Angklung Udjo Bandung. (foto - ist)

Bandung - Marc Marquez, pembalap MotoGP Repsol Honda melanjutkan lawatannya di Bandung dengan berkunjung ke Saung Angklung Udjo. Marquez pun antusias belajar dan memainkan alat musik khas Jabar angklung, Minggu (10/2/2019).
 
Bersama para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Indonesia dan jajaran direksi PT Astra Honda Motor (AHM), Marquez tampak tekun menggoyangkan angklung di tangannya. Meski sedikit kebingungan karena baru pertama kali mencoba, pembalap kebangsaan Spanyol itu tampak senang bermain angklung.
 
Marc Marquez memainkan beberapa judul lagu Indonesia hingga luar negeri. Antara lain, lagu Bengawan Solo, Can’t Help Falling in Love, lagu dari Jepang berjudul Sukiyaki dan ditutup dengan penampilan Marquez menyanyikan lagu Besame Mucho, diiringi oleh permainan angklung oleh para peserta.
 
"Saya sangat menikmati pertunjukan ini. Ini merupakan salah satu pertunjukan terbaik yang pernah saya mainkan dan saksikan," aku juara dunia lima kali MotoGP tersebut.
 
Sebelum bermain angklung, ia pun dihibur penampilan anak-anak dari Saung Angklung Udjo, yang menari diiringi lagu-lagu daerah Indonesia secara kolosal. Antara lain Bungong Jeumpa, Sinanggar Tullo, Poco-poco dan Yamko Rambe Yamko. Instrumen Angklung pun mewarnai semua lagu itu.
 
Menurut GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, angklung merupakan salah satu warisan asli budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Sejak 2013, AHM secara konsisten melakukan pembinaan dan pelatihan para guru seni musik.
 
Hal itu dilakukan agar dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan untuk bermain musik angklung, khususnya kepada para generasi muda di 31 sekolah binaan Honda lewat Program Sekolah Binaan Angklung.
 
Selain itu AHM mengadakan pelatihan lanjutan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan agar lebih mahir dalam memainkan dan mengajarkan budaya angklung, di berbagai sekolah binaan Honda.
 
Sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran budaya angklung di masing-masing sekolah binaan, AHM bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo menggelar kompetensi Pasanggiri Angklung, yang telah digelar secara konsisten sejak empat tahun lalu.
 
"Bersama Marc Marquez, kami yakin angklung tidak hanya akan mendunia tapi juga akan semakin dicintai oleh generasi muda dan anak-anak milenial," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Hiburan,
Tags:,