4 Orang Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor di Ciomas

4 Orang Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor di Ciomas

Longsor menimbun rumah warga di Kampung Ciapus Permeha Desa Sukamakmur Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. (foto - ist)

Bogor - Sedikitnya  empat  orang  sekeluarga  meninggal  akibat  longsor  yang  menimbun  rumah  mereka di Kampung Ciapus Permeha Desa Sukamakmur Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, Jumat 15 Februari malam sekitar pukul 23.00 WIB.
 
Berdasarkan keterangan saksi, longsor terjadi saat hujan deras tengah mengguyur wilayah Desa Sukamakmur sehingga saat kejadian tidak sedikit pun terdengar ada suara. "Ketahuannya setelah ada yang teriak minta tolong," kata warga setempat, Sabtu (16/2/2019).
 
Mendengar permintaan tolong, sejumlah warga yang ikut mendengar langsung bergegas menuju sumber suara untuk memberikan pertolongan. Setibanya di lokasi longsor, kondisi rumah milik Nurhayanti (60) pun telah rata dengan tanah.
 
"Ketika itu masih hujan deras. Warga langsung mengevakuasi, ada delapan orang di dalam rumah tersebut. Pertama yang ditemukan seorang bayi," katanya. Dari jumlah keseluruhan, empat orang meninggal dunia, sedangkan empat lainnya selamat dan langsung dilarikan ke rumah sakit. "Di lokasi hanya ada satu orang yang bergerak, sedangkan tujuh orang lainnya tertimbun. Mereka semuanya berada di dalam kamar," tegasnya.
 
Menurut warga, kemungkinan akibat hujan deras berkepanjangan membuat tanah di sekitar lokasi menjadi gembur. Fondasi tembok pembatas tebing (TPT) yang berada di ketinggian ambruk dan menimpa rumah. "Hujan mengguyur sehabis Maghrib. Hujan deras terus mengguyur hingga sekitar pukul 00.00 WIB.
 
Camat Ciomas Entis Sutisna menjelaskan, seluruh korban telah berhasil dievakuasi sekitar pukul 00.23 WIB. Empat korban jiwa dan yang selamat telah dilarikan ke rumah sakit. "Korban ini semuanya satu keluarga yang berada di dalam satu rumah," katanya.
 
Sutisna menyatakan, korban yang meninggal dunia atas nama Nurhayanti (60), Imelda Yanti (13), M Wildan (3) Dea Aprilia (8). Sementara korban selamat yakni Asep Saefullah (35), Santi Fitri Dewi (27), Hariyanti (33) dan Septi sembilan bulan. "Kondisi rumahnya rata dengan tanah," ungkap Entis.
 
Sejauh ini, muspika bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor beserta warga setempat melakukan evakuasi korban hingga dinihari. Akibat tertimbun longsor tersebut, menyebabkan kondisi rumah berikut isinya rata dengan tanah.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan  Mitigasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Dede Armansyah menjelaskan, pihaknya sudah mengantisipasi sejak Jumat sore dan saat ini tengah melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian.
 
"Sudah kita antisipasi dan mengimbau masyarakat untuk waspada dan ini terjadi tengah malam ketika para korban tengah terlelap tidur. Untuk itu , bantuan makanan, pakaian dan selimut langsung kita kirim ke lokasi kejadian," katanya. (Jr.)**
 
 
 
Petugas evakuasi korban longsor di Ciomas Bogor hingga Sabtu dinihari.
.

Categories:Daerah,
Tags:,