Bandara Supadio Ditutup Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

Bandara Supadio Ditutup Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

Petugas mengurus jadwal ulang penerbangan di counter maskapai Lion Air Bandara Supadio Pontianak, Sabtu 16 Februari 2019. (foto - ant)

Pontianak - Bandara  Supadio  Pontianak  Kalimantan  Barat  (Kalbar)  untuk  sementara ditutup, selepas pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 714 tergelincir, Sabtu sore.
 
Penutupan sementara bandara disampaikan Sulkarnain, Officer In Charge Angkasa Pura II Bandara Internasional Supadio Pontianak. Terkait dengan penutupan operasional, Zulkarnain pun belum menyebutkan jangka waktunya.
 
"Saat ini sedang dalam proses evakuasi," kata Zulkarnain di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Sabtu (16/2/2019) malam. Ia juga membenarkan imbas kejadian itu berdampak pada ‎sejumlah penerbangan yang dibatalkan. Antara lain Lion Air, Sriwijaya, Nam Air dan Citilink.
 
Sementara itu, Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pihaknya masih menangani evakuasi pesawat Lion Air JT 714 yang tergelincir di Bandara Supadio Pontianak.
 
Evakuasi pesawat Lion Air JT 714 dilakukan setelah mendapat izin dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Saat ini, Lion Air bersama pihak pengelola bandara, Lanud dan instansi terkait masih mempersiapkan proses evakuasi pesawat," katanya.
 
Evakuasi baru bisa dilakukan setelah mendapatkan izin dari pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Pesawat Lion Air JT 714 keluar landasan pacu (over run), sesaat setelah mendarat di Pontianak.
 
Ia menyebutkan, saat peristiwa itu terjadi jarak pandang dilaporkan memenuhi persyaratan pendaratan meski dalam kondisi hujan. Penerbangan Lion air JT 714 itu sudah dipersiapkan secara baik.
 
Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPS sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight). Penerbangan JT 714 membawa tujuh kru dengan 180 penumpang dewasa dan dua bayi.
 
Pesawat lepas landas Bandara Internasional dari Soekarno - Hatta Tangerang pukul 13.50 WIB. "Sejauh ini, seluruh penumpang dan kru sudah dievakuasi dengan keadaan selamat. Mereka sudah berada di ruang terminal bandara untuk mendapatkan layanan terbaik," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,