Pekerja Proyek Masjid Al Jabbar Tewas Terjatuh dari Kubah

Pekerja Proyek Masjid Al Jabbar Tewas Terjatuh dari Kubah

Pembangunan Masjid Al Jabbar di Kelurahan Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Seorang  pekerja  proyek  pembangunan  Masjid  Al Jabbar  di  Kelurahan  Cimincrang  Kecamatan  Gedebage Kota Bandung meninggal dunia, terjatuh saat memasang kubah. Pekerja yang diketahui bernama Ahmad Sujai (36) asal Kabupaten Purwakarta itu terjatuh dari ketinggian 30 meter.
 
Ahmad Sujai meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit. Kejadian di masjid milik Pemprov Jabar itu terjadi, Rabu (20/2/2019) sekitar pukul 09.00 WIB. Korban merupakan seorang buruh kasar di masjid hasil desain para insinyur ITB.
 
Kapolsekta Gedebage Komisaris Oesman Imam membenarkan hal itu. Menurutnya, korban sempat berusaha diselamatkan dengan membawanya ke rumah sakit. Hanya saja nyawanya tak tertolong karena korban mengalami luka serius di beberapa bagian tubuhnya.
 
"Korban sudah dibawa oleh pihak keluarganya ke Purwakarta. Pihak keluarga pun sudah menerima apa yang terjadi terhadap korban, sehingga jenazahnya tidak diotopsi," katanya.
 
Menurut Oesman, kejadian itu diakibatkan oleh tali pengaman korban yang tidak terkait dengan benar. "Diduga, saat kejadian tali pengamannya tidak mengait sehingga korban akhirnya terjatuh".
 
Disebutkan, untuk berpindah-pindah dari bagian kubah Masjid Al Jabbar itu pengamannya berbeda-beda lokasinya. Diduga, saat korban berpindah lokasi tidak mengaitkan ke bagian yang seharusnya, atau lupa mengaitkan pengamannya.
 
Akhirnya korban pun terjatuh dari ketinggian 30 meter. Beberapa bagian tubuhnya mengalami luka, antara lain di bagian lengan kanannya yang mengalami patah. "Korban sudah diusahakan dilarikan ke RSUD Ujungberung, namun nyawanya tak tertolong," kata Oesman.
 
Dipastikan, kejadian itu merupakan murni kecelakaan kerja. Sebab selama ini, pembangunan masjid super megah itu selalu menggunakan SOP bagi pekerja yang baik. Bahkan keamanan pekerja pun selalu menjadi prioritas pengelola proyek.
 
"Jadi, memang kelalaian orang, bukan kelalaian dari sistem karena saya juga sering mengontrol ke sini. SOP-nya setiap pagi memang briefing untuk keselamatan kerja dan evaluasi," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,