Dua Opsi Pemindahan Penerbangan dari Husein ke Kertajati

Dua Opsi Pemindahan Penerbangan dari Husein ke Kertajati

Bandara Husein Sastranegara Bandung. (foto - ist)

Bandung - Pemerintah  Kota  (Pemkot)  Bandung  tidak  setuju atas rencana pemindahan seluruh penerbangan komersial, dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Bandara BIJB Kertajati Kabupaten Majalengka.

"Pemkot tetap berharap Bandara Husein Sastranegara masih bisa digunakan untuk penerbangan komersial," kata Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana kepada wartawan di Bandung, Kamis (21/2/2019).

Menurutnya, keberadaan Husein bisa menjadi bandara penunjang bagi Kertajati, sehingga tidak perlu semua pererbangan pindah. Terlebih, dengan pindahnya bandara akan berdampak pada kunjungan dan wisata ke Kota Bandung. 
 
Sebab, selama ini Husein Sastranegara menjadi salah satu gerbang masuknya orang ke Kota Bandung. "Ya, minimal domestik masih ada. Ini juga kan akan memudahkan bagi warga Bandung untuk ke tempat lain. Itu harapan kita," katanya.

Untuk itu, Yana dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan Angkasa Pura sebagai pihak yang mengoperasikan Bandara Husein Sastranegara. 
 
Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewikaniasari mengatakan, terdapat 1,75 - 2 juta orang per tahun menggunakan bandara yang berada di kawasan Jalan Pajajaran Bandung itu. "Hampir dua juta per tahun itu domestik dan mancanegara. Selama ini memang Husein salah satu gerbang bagi wisatawan ke Bandung," katanya.

Kenny mengatakan, dari segi amenitas Kota Bandung yang terlengkap di Jabar. Sehingga dipastikan jika seluruh penerbangan pindah akan berpengaruh pada sektor pariwisata. "Kalau pun begitu, harus ada transportasi yang terintegrasi akses ke Kota Bandung, karena amenitas paling lengkap di Bandung," tegas Kenny.

Seperti diketahui, wacana pemindahan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, dilontarkan Presiden Joko Widodo saat debat Capres kedua, menanggapi pernyataan Capres 02 Prabowo Subianto yang menyoroti sepinya bandara itu.

Jokowi mengatakan, untuk mengoptimalkan Bandara Kertajati rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dipindah ke Kertajati. Itu juga ditunjang keberadaan Tol Cisumdawu yang masih dalam tahap pembangunan.

Menanggapi hal itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, ada dua opsi untuk mengoptimalkan keberadaan Bandara Kertajati. Pertama, memindahkan seluruh penerbangan komersial dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati, seperti yang diungkap Jokowi.

Sedangkan kedua, memindahkan sebagian penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati. Kedua bandara tersebut itu pun tetap berfungsi untuk melayani penerbangan komersial. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,