Wilayah Bandung Diselimuti Kabut Cukup Tebal Sabtu Pagi

Wilayah Bandung Diselimuti Kabut Cukup Tebal Sabtu Pagi

Wilayah Bandung diselimuti kabut tebal pada Sabtu 23 Februari 2019 pagi. (foto - ist)

Bandung - Wilayah  Bandung  diselimuti  kabut  cukup  tebal,  padahal  kabut itu sangat jarang terjadi di Kota Bandung, Sabtu (23/2/2019) pagi.
 
Berdasarkan keterangan prakirawan cuaca BMKG Bandung Muhammad Iit menyatakan, kabut tersebut disebabkan oleh hujan yang cukup deras pada hari sebelumnya. Pasalnya, dalam kondisi itu bisa mengakibatkan perubahan suhu atau kelembaban uap air di dekat permukaan.
 
"Kabut ini memang fenomena yang biasa, secara proses pembentukannya tidak berbeda jauh dengan pembentukan awan karena terjadi kalau hujannya deras," kata Iit saat on air di PRFM.
 
Ketika memasuki siang hari, sinar matahari akan menguapkan partikel kabut menjadi gas, sehingga menyebabkan jarang sekali kabut terjadi pada siang hari. "Seiring dengan maju ke siang, sinar matahari sudah makin tinggi, sehingga dia akan membuat komponen menjadi gas," katanya.
 
Sementara itu, Muhammad Iit memprediksi wilayah Jawa Barat secara umumnya dan wilayah Bandung Raya akan terus diguyur hujan pada Februari hingga April. Curah hujan tertinggi akan terjadi pada bulan Maret.
 
"Wilayah Jabar dan Bandung secara umum berdasarkan puncak klimatologinya, curah hujan paling tinggi berada di akhir Februari hingga Maret dan April. Paling tinggi pada Maret," katanya.
 
Untuk hari Sabtu ini Bandung Raya berpotensi cerah berawan pada pagi hingga menuju siang hari. Masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat kadang disertai petir.
 
Hal itu disebabkan oleh massa udara yang ada merupakan kombinasi dari dua hal berbeda dari arah tenggara dan barat, sehingga menyebabkan adanya potensi petir. Sedangkan di malam hari ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
 
Suhu udara di wilayah Bandung Raya 19,6 - 29,6 derajat Celsius dengan kelembaban 60 - 97 persen. Angin relatif berubah dengan kecepatan 5 - 20 km per jam.
Di Jabar umumnya cerah berawan hingga berawan pada pagi hari menuju siang hari. Masih ada potensi hujan sedang hingga lebat disertai dengan petir pada siang atau sore menjelang malam hari. Malam dan dinihari secara umum berawan. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,