Stunting Menurun, Atalia Puji Kinerja Perangkat Daerah Garut

Stunting Menurun, Atalia Puji Kinerja Perangkat Daerah Garut

Ketua Tim Penggerak PKK Jabar Atalia Praratya Kamil tekan angka stunting. (foto - Humas)

Bandung - Ketua Tim Penggerak PKK Jabar Atalia Praratya Kamil menyatakan apresiasi atas kinerja Bupati Garut bersama para jajarannya yang bergerak cepat, dalam upaya mengurangi angka stunting di Kabupaten Garut.
 
"Mereka dengan semangat melakukan berbagai langkah lebih dalam, antara lain melakukan sosialisasi dan edukasi. Sehingga sebelum gerakan ini dideklarasikan ternyata sudah dilaksanakan oleh perangkat daerah di wilayah Kabupaten Garut," katanya.
 
Diketahui, hasil dari Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2017 tingkat nasional, persentase stunting sebesar 29,6 persen meningkat dibandingkan dengan tahun 2016 sebesar 27,5 persen.
 
Sedangkan persentase stunting di Jabar sebesar 29,2 persen. Di Kabupaten Garut terjadi peningkatan dari 24,9 persen tahun 2016 menjadi 43,2 persen tahun 2017. Namun, angka stunting di Kabupaten Garut kini menurun 5 digit dari angka sebelumnya.
 
"Artinya, inovasi dan inisiatif diperlukan dalam pelaksanaan pencegahan stunting. Untuk itu kita berkumpul, agar kita bisa betul-betul mendalami kasus stunting tersebut," tegas Atalia.
 
Ia berharap, sebagai agen kader PKK mampu berkontribusi langsung untuk membantu meringankan beban pemerintah terutama dalam pencegahan stunting. "Stunting sudah menjadi program Pemprov Jabar, dan sudah berkomitmen deklarasi Jabar Zero Stunting November lalu. Lima tahun ke depan zero stunting dapat terealisasi," harapnya.
 
"Zero stunting artinya tidak ada kasus baru. Oleh karena itu, peran kita di TP PKK di masing-masing kabupaten/kota betul-betul bisa memantau masyarakat, bisa memberikan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat," tambahnya.
 
Atalia menyarankan, dalam melaksanakan tugasnya para kader dapat melekat pada dinas terkait juga pada perangkat kewilayahan, terutama perangkat desa dan kelurahan. Sehingga ke depan, semua elemen bisa bergerak bersama lebih cepat. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,