Pembangunan Kampus Unpad Pangandaran Hampir Rampung

Pembangunan Kampus Unpad Pangandaran Hampir Rampung

Pembangunan gedung Kampus Unpad di Kabupaten Pangandaran. (foto - unpad)

Pangandaran - Pangandaran segera memiliki gedung baru Universitas Padjadjaran (Unpad). Gedung yang dibangun di atas hamparan batu cadas dataran tinggi di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi itu bakal menyedot masyarakat yang berada di luar daerah ke Pangandaran untuk melanjutkan pendidikannya.
 
Hal itu tentunya akan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pangandaran, khususnya warga di sekitar kawasan. Saat ini saja, meski gedung kampus itu belum beroperasi, harga tanah milik warga sekitar melonjak tinggi.
 
Menurut Kasi Ekonomi Dan Pembangunan Desa Cintaratu Kanda Rukanda, keberadaan gedung kampus Unpad itu bisa meningkatkan perekonomian warga di desanya. "Misalnya, harga tanah warga sudah mulai mahal, banyak warga yang mulai membuka usaha dagang di sekitar kampus," katanya, Rabu (27/2/2019).
 
Bahkan, untuk mendukung keberlangsungan Kampus Unpad Pangandaran, pemerintah desa akan menambah sarana dan fasilitas pendukung di jalan masuk kawasan kampus. "Salah satunya membangun ruang terbuka hijau dan saluran drainase serta infrastruktur jalan lingkungan," katanya.
 
Sementara itu, Plt Anggaran Unpad Bandung Gaga Irawan Nugraha mengatakan, pembangunan kampus akademik tahap pertama berlantai empat itu sudah rampung. "Tinggal  finishing, seperti memasang instalasi listrik dan kaca saja," katanya.
 
Ia mengatakan, pada tahun 2020 akan dibangun gedung akademik kedua. Ia berharap, untuk pembangunan gedung kampus kedua mendapatkan bantuan dari pemerintah. "Mudah-mudahan Pemprov Jabar jadi membantu biaya pembangunan gedung akademik tahap kedua," tegas Gaga.
 
Lahan seluas 33 hektar untuk pembangunan gedung kampus Unpad Pangandaran itu sendiri merupakan bantuan dari Pemkab Pangandaran, untuk meningkatkan pendidikan di Pangandaran sebagai daerah pariwisata.
 
Saat ini, tidak hanya Universitas Padjadjaran yang ada di Pangandaran, namun perguruan tinggi Politeknik Kelautan dan Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah beroperasi. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,