Pencarian Dihentikan, Total Ada 119 Mortir di Rumah Jalan Dago

Pencarian Dihentikan, Total Ada 119 Mortir di Rumah Jalan Dago

Total ada 119 mortir di halaman rumah Jalan Dago Bandung. (foto - ist)

Bandung - Penyisiran dan pencarian yang dilakukan tim Jihandak Zipur III Siliwangi, dinyatakan berhenti, setelah dipastikan tidak ada mortir lainnya di lokasi.
 
Sejauh ini, secara keseluruhan yang dapat dievakuasi sebanyak 119 mortir. Sebanyak 88 di antaranya ditemukan Selasa kemarin, dan 31 lainnya ditemukan pada penyisiran yang dilakukan pagi tadi.
 
"Dengan demikian, kegiatan ini saya nyatakan dihentikan," sebut Dandim 0618 BS Letkol Inf M. Herry Subagyo, di lokasi penemuan rumah di Jalan Ir Juanda (Dago) Kecamatan Coblong‎ Kota Bandung, Rabu (6/3/2019).
 
Berdasarkan pantauan, ratusan mortir tersebut dalam kondisi yang bervariatif. Beberapa di antaranya ada yang sudah berkarat dan ada juga yang sudah dalam keadaan rusak.
 
Saat ini, mortir-mortir tersebut ‎tengah dievakuasi untuk langsung dibawa guna dilakukan analisis sebelum nantinya akan dimusnahkan. "Kita masih selidiki buatan mana, tahun berapa dibuat, kita masih harus mengumpulkan data. Mungkin dari Kodam akan memberikan keterangan lebih lanjut," tegasnya.
 
Herry memastikan, lokasi temuan ratusan mortir tersebut dalam kondisi aman. Namun begitu, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali melakukan penyisiran jika ada laporan dari masyarakat.
 
"Kita sudah yakinkan dengan gunakan metal detector, di sekitar lokasi sudah tidak ada lagi mortir. Jika memang masih ada kemungkinan ditemukan, kita harapkan masyarakat untuk bisa melaporkan guna ditindaklanjuti," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,