Merapi Kembali Memuntahkan Awan Panas Setinggi 1,3 Km

Merapi Kembali Memuntahkan Awan Panas Setinggi 1,3 Km

Gunung Merapi dilihat dari kawasan Kaliurang Yogyakarta. (foto - BPPTKG)

Sleman - Menjelang  Kamis   tengah  malam,  Gunung  Merapi  yang  berada  di  Kabupaten  Sleman  Yogyakarta  kembali memuntahkan awan panas. Jarak luncurnya mencapai 1.300 meter ke arah Kali Gendol.
 
"Awan panas guguran Gunung Merapi terjadi pada Kamis 7 Maret 2019 pukul 23.30 WIB dengan durasi 130 detik, jarak luncur 1.300 meter, arah ke hulu Kali Gendol," tulis petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Jumat (8/3/2019).
 
Meski jarak luncur paling jauh dibandingkan dua kali semburan awan panas sebelumnya, dinilai masih dalam batas aman. "Jarak luncur awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi, sehingga masyarakat diimbau untuk tetap tenang," sebutnya.
 
Sebelumnya, Gunung Merapi juga menyemburkan awan panas pada pukul 07.44 WIB. Kemudian diikuti dengan semburan wedus gembel berikutnya pada pukul 10.17 WIB.
 
"Telah terjadi luncuran awan panas guguran di Gunung Merapi pukul 10.17 WIB dengan durasi 97 detik, jarak luncur 1.000 meter, mengarah ke tenggara. Awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi," katanya.
 
Sementara semburan awan panas yang pertama teramati dari CCTV Puncak Gunung Merapi. Awan panas meluncur deras 121 detik dengan jarak luncur 1.200 meter, mengarah ke tenggara atau Kali Gendol. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,