Jembatan gantung terpanjang Potensi Wisata di Situgunung

Jembatan gantung terpanjang Potensi Wisata di Situgunung

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan resmikan Jembatan Gantung di Situgunung Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. foto - ant)

Sukabumi - Sebuah  lokasi  wisata  Jembatan  Gantung  yang  berada  di  Situgunung  Kecamatan  Kadudampit  Kabupaten Sukabumi diresmikan oleh Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Sabtu (9/3/2019).
 
Jembatan yang memiliki panjang sekitar 250 meter dengan lebar 1,5 meter dan tinggi 161 meter tersebut digadang-gadang sebagai jembatan gantung terpanjang dan tertinggi di Indonesia, bahkan di kawasan Asia Tenggara.
 
"Sukabumi punya potensi yang hebat, mulusnya infrastruktur akan membangun daerah terutama yang memang menonjolkan pariwisata. Pariwisata ini akan menumbuhkan industri baru," kata Luhut kepada wartawan didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami usai melintasi jembatan gantung.
 
Ia juga memuji lingkungan dan kebersihan di sekitar kawasan milik Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) itu, yang dijaga dengan baik oleh PT Fontis Aquam Vivam selaku pengelola. Ia berharap, kondisi itu terus terjaga berapa pun banyaknya pengunjung yang datang.
 
"Kebersihan ini harus benar-benar dikelola dengan baik terutama soal sampah," tegas Luhut. Di lokasi ia juga sempat mempersoalkan sulitnya jaringan telepon seluler di lokasi. Untuk itu, ia menghubungi seseorang dan meminta agar ada Base Transceiver Station (BTS) seluler di lokasi.
 
"Tadi Pak Marcel (pengelola) bilang tak ada BTS, saya langsung telepon bilang harus ada (BTS). Kalau ada emergency nanti sulit. Mudah-mudahan satu bulan ada BTS. Tak ada yang sulit di era pemerintah saat ini, apalagi untuk kepentingan masyarakat," katanya.
 
Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku akan terus mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya. Termasuk berkoordinasi dengan wilayah tetangga, Kota Sukabumi.
 
"Pengunjung lama-lama akan jenuh kalau sekadar wisata. Kita kerja sama dengan Kota Sukabumi untuk kulinernya. Seperti di Bali di daerah lain tidak ada hotel tapi di Badung ada hotel, nanti kita akan kerja sama seperti itu," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,