Pesawat Ethiopian Jatuh, 149 Penumpang serta 8 Kru Tewas

Pesawat Ethiopian Jatuh, 149 Penumpang serta 8 Kru Tewas

Lokasi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines di dekat Kota Bishoftu. (foto - Reuters)

Addis Ababa - Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi Kenya jatuh, tak lama setelah lepas landas dari Bandara Bole di Addis Ababa Ethiopia. Sebanyak 149 orang penumpang dan 8 orang kru dipastikan tewas dalam kejadian itu.
 
"Atas kejadian itu CEO grup yang berada di lokasi kecelakaan menyesal mengkonfirmasi, tidak ada penumpang yang selamat," demikian pernyataan perusahaan itu yang mengkonfirmasi jumlah korban tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut.
 
Dilansir AFP, Minggu (10/3/2019) TV Pemerintah Ethiopia sebelumnya juga menyebutkan, tak ada yang selamat akibat pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh. Penumpang pesawat itu dinyatakan berasal dari 33 negara.
 
"Tidak ada yang selamat di dalam pesawat, yang mengangkut penumpang dari 33 negara," kata perusahaan penyiaran Ethiopia milik pemerintah. Pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 itu dilaporkan hilang kontak setelah 6 menit lepas landas.
 
Petugas mengumpulkan korban dan serpihan pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh di dekat Kota  Bishoftu. (foto - Associated Press)
 
 
Sejauh ini, belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan pesawat dengan nomor registrasi ET-AVJ itu. Pesawat jatuh itu disebut sempat mengalami unstable vertical speed, atau kecepatan naik yang tak stabil. Namun, belum diketahui secara pasti penyebabnya.
 
"Data dari jaringan Flightradar24 ADS-B menunjukkan, kecepatan vertikal tidak stabil setelah lepas landas," kata organisasi pelacakan penerbangan yang berbasis di Swedia itu.
 
Proses pencarian korban pun masih terus dilakukan. Pesawat itu terbang dari Bole Airport di Addis Ababa pada 8.38 waktu setempat. Pesawat tujuan Nairobi itu hilang kontak 6 menit setelah lepas landas. "Operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung," sebutnya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,