OTT Sampah Ancam Warga di Wilayah Kabupaten Bandung

OTT Sampah Ancam Warga di Wilayah Kabupaten Bandung

Pemkab Bandung akan gencar melaksanakan OTT Sampah. (foto - ilustrasi)

Bandung - Pemkab  Bandung  akan  menindak  tegas  terhadap  warga  yang  masih  membuang  sampah  sembarangan. Hal itu dilakukan lewat operasi tangkap tangan (OTT) terhadap warga yang buang sampah sembarangan.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengatakan, hal tersebut termasuk salah satu bentuk pendekatan penanganan sampah khususnya di wilayah Kabupaten Bandung.
 
"Penanganan sampah kita lakukan dengan berbagai pendekatan, baik sosialisasi, edukasi maupun tindakan hukum," kata Asep, Senin (11/3/2019).
 
Ia mengatakan, pihaknya ingin menguatkan kebijakan pengolahan sampah berbasis rumah tangga. Hal itu sesuai dengan amanat undang-undang 18 pasal 12 tahun 2008. Sementara untuk penindakan hukum, Pemkab Bandung punya Perda nomor 21 tahun 2009 jo 15 tahun 2012.
 
"Untuk memperkuat sosialisasi dan edukasi, dilakukan penegakan hukum sebagai tindak lanjut dari undang-undang. Kita sudah memiliki Perda, penegakan sudah dari tahun 2017 dan 2018 lalu melakukan upaya OTT," tegasnya.
 
OTT tersebut dilakukan oleh aparat Satpol PP Kabupaten Bandung bekerja sama dengan DLH Kabupaten Bandung. Tak hanya penindakan hukum dengan OTT, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai kewajiban pengolahan sampah berbasis rumah tangga.
 
"Kita harapkan setelah OTT diputus pengadilan, besoknya mereka akan memahami dan mampu mengurangi penanganan sampah di rumah masing-masing," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,