Ai Munawaroh Dimakamkan di Kampungnya Pangandaran

Ai Munawaroh Dimakamkan di Kampungnya Pangandaran

Ai Munawaroh. (foto - ist)

Ciamis - Ai Munawaroh  (30),  korban pembunuhan di Malaysia dipulangkan ke Indonesia pada Rabu (13/3/2019). Ai dan bos tekstil asal Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, Ujang Nuryanto menjadi korban mutilasi di Malaysia.
 
Jasad Nuryanto sudah dimakamkan di kawasan Baleendah Kabupaten Bandung. Sedangkan jenazah Ai rencananya dikebumikan di Dusun Cirapuan Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran. Keluarga Ai di Banjarsari Kabupaten Ciamis dan Pangandaran menunggu kedatangan jenazahnya.
 
"Keinginan ibunya dibawa dulu ke Ciheas Banjarsari karena ada keluarga ibunya. Rencananya disalatkan dulu, baru dibawa ke Pangandaran ke keluarga bapaknya," kata Paman Ai yang mewakili pihak keluarga, Undang Nindin.
 
Namun, ia tidak bisa memastikan waktu kedatangan jenazah yang masih di perjalanan. Keluarga sudah menunggu dan mempersiapkannya sejak sore. Ia memperkirakan, jenazah Ai datang malam ini, atau tengah malam.
 
"Kalau kondisinya memungkinkan akan langsung dibawa untuk dimakamkan di Pangandaran, sudah disiapkan kuburannya. Namun kalau tidak memungkinkan, pemakaman rencananya dilakukan pada Kamis," tegasnya.
 
Diakui, pihaknya sudah lama tak bertemu dengan Ai. Sebab selama ini Ai bekerja di Bandung dan sudah tinggal bersama ibunya di Bandung. Ai baru pulang ke kampung halaman setahun sekali saat lebaran. Ia tak menyangka keponakannya menjadi korban mutilasi di Malaysia.
 
"Secara pribadi sosoknya sangat baik, taat kepada orangtua. Bisa dikatakan menjadi tulang punggung keluarga, karena semua kebutuhan ditanggungnya. Malah, berangkat ke Malaysia juga dalam rangka masalah kerjaan," katanya.
 
Sebelumnya ibunda Ai, Uka Sukaesih menyatakan, anak kandungnya itu sudah bercerai dengan suaminya sejak satu tahun lalu. Ai dikaruniai dua anak pria, berusia 7 tahun dan 2,5 tahun. Sebelum ikut tinggal bersama Uka di Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, Ai sempat mengontrak bersama suaminya di Kota Bandung.
 
Sejak kejadian Ai diduga tewas dimutilasi di Malaysia, Uka meninggalkan rumahnya dan tinggal bersama adik Ai, Fitri Fadillah di Perumahan Rancaemas Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung.
 
Sedangkan ayah tiri Ai tinggal bersama anaknya di Cigondewah, dan rumah yang ada di Kecamatan Kutawaringin dikosongkan. Sejak Uka bercerai dengan ayah Ai, Rohili yang kini tinggal di Bekasi, Uka kerap diberi nafkah oleh Ai. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,