Penembakan di Masjid New Zealand Menewaskan 49 Orang

Penembakan di Masjid New Zealand Menewaskan 49 Orang

Polisi siaga di sekitar lokasi penembakan masjid di Christchurch Selandia Baru. (foto - Getty Images)

Christchurch - Sejumlah  warga  dilanda  kepanikan  menyusul  berondongan  tembakan  yang  menyasar  sebuah masjid di Christchurch Selandia Baru. Dalam insiden penembakan itu menewaskan sedikitnya 49 orang tewas dan sejumlah lainnya terluka.
 
Dilansir The New Zealand Herald, Jumat (15/3/2019) berdasarkan keterangan saksi mata menyebutkan, setidaknya ada 50 tembakan yang dilepaskan pelaku dalam serangan brutal tersebut. Saksi melihat langsung serangan brutal di sebuah Masjid Al Noor.
 
Menurutnya, salat berjamaah pun baru akan dimulai saat tembakan itu memberondong. "Pada awalnya saya pikir itu hanya pengerjaan konstruksi atau hal lain, lalu orang-orang berlarian dan berteriak," kata sejumlah siswa Hillmorton High School di Christchurch.
 
Akibat insiden tersebut banyak orang bertumbangan di sekitar lokasi penembakan, namun tidak yakin dengan kondisi mereka. Hanya orang yang melarikan diri dari lokasi penembakan yang terselamatkan.
 
Menurut otoritas setempat, serangan juga terjadi di satu masjid lainnya yang berada di pinggiran Linwood. Komisaris Kepolisian setempat Mike Bush menyatakan, empat orang telah ditangkap terkait penembakan tersebut. "Tiga pria dan satu perempuan," sebutnya.
 
Setelah penembakan, seluruh sekolah dan gedung pemerintah di Christchurch pun langsung ditutup untuk sementara. Sejauh ini, kepolisian setempat belum mengungkapkan jumlah pasti korban yang tewas dalam penembakan brutal tersebut.
 
Namun demikian, pihak kepolisian menyatakan, jumlah korban tewas sejauh ini telah mencapai 49 orang, dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka. "Jumlah itu kemungkinan bisa bertambah, mengingat banyak orang dalam kondisi kritis," kata polisi.
 
Sementara itu, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengemukakan, insiden tersebut sebagai kejadian 'luar biasa, yang tak pernah terjadi sebelumnya. Ini merupakan salah satu hari terkelam yang terjadi di negara tersebut. (Jr.)**
 
 
Salah satu masjid di Christchurch Selandia Baru.
 
.

Categories:Internasional,
Tags:,