Parlemen Ukraina Tunjuk Arseniy Yatsenyuk Sebagai PM

Parlemen Ukraina Tunjuk Arseniy Yatsenyuk Sebagai PM

Arseniy Yatsenyuk.(Foto:Net)

Kiev - Parlemen Ukraina, Kamis (27/11/2014) mengkonfirmasi Arseniy Yatsenyuk, pro-Barat, akan mempertahankan jabatannya sebagai perdana menteri untuk memimpin pemerintah koalisi baru.
 
Dalam satu langkah secara luas telah diperkirakan, Yatsenyuk dikonfirmasi untuk tetap sebagai perdana menteri dengan dukungan 341 dari 390 anggota Dewan Perwakilan Rakyat di parlemen Verkhovna Rada, yang telah diduduknya sejak partai pro-Eropa memenangkan mayoritas di jajak pendapat pada Oktober.
 
Yatsenyuk - yang telah menjabat sejak jatuhnya Presiden Viktor Yanukovych, pro-Rusia, pada Februari - mengakui pemerintah baru menghadapi tugas raksasa untuk mencoba menyeret negara mantan-Soviet itu kembali dari ambang keruntuhannya.
 
"Pada bahu kami terletak beban tanggung jawab sejarah - untuk melestarikan negara dan memenangkan kemerdekaan kita," kata Yatsenyuk di depan para anggota parlemen.
 
"Negara ini sedang berperang dan orang-orang dalam kesulitan." Pasukan pemerintah saat ini berjuang menghadapi pemberontak yang didukung Kremlin dalam konflik yang brutal di timur, yang menewaskan lebih dari 4.300 orang sejak April dan memecah-belah negara.
 
Yatsenyuk - berpaham ekonomi liberal berkacamata - akan berada memimpin koalisi lima partai yang didominasi oleh Partai Front Rakyatnya dan kelompok Presiden Petro Poroshenko, dengan harapan bangsa ini bisa beristirahat tenang pada seberapa kemampuan kedua orang itu dapat bekerja sama. (AY)
.

Categories:Internasional,