PBB Merilis Daftar Sepuluh Negara Paling Bahagia di Dunia

PBB Merilis Daftar Sepuluh Negara Paling Bahagia di Dunia

Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia selama dua tahun berturut-turut. (foto - Getty Images)

Helsinki - Perserikatan  Bangsa-Bangsa  (PBB)  lewati  Lembaga  Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan umumkan, tentang edisi terbaru World Happiness Report yang memuat daftar negara paling bahagia di dunia, pada Rabu 20 Maret 2019.
 
Dilansir CNN, Kamis (21/3/2019) rilis daftar yang bertepatan dengan Hari Kebahagiaan Internasional tersebut kembali menempatkan negara Finlandia, sebagai negara paling bahagia di dunia selama dua tahun berturut-turut.
 
Hari Kebahagiaan Internasional pertama kali diusulkan oleh perdana menteri Bhutan pada 2011, yang mendorong dunia melihatnya sebagai metrik, atau hal yang dapat diukur. Finlandia terpilih sebagai negara paling bahagia di dunia.
 
Bukan hanya karena ibukotanya yang penuh dengan kreativitas gastronomi, tapi juga memiliki sederet keunikan lainnya. Antara lain fenomena Cahaya Utara yang spektakuler, dan lanskap salju cantik yang dipercaya menjadi asal muasal legenda Sinterklas.
 
Deretan negara yang berada di belakangnya yakni Denmark, Norwegia, Islandia dan Belanda. Kriteria negara paling bahagia di dunia dihitung dari enam variabel kunci yang mendukung kesejahteraan, yakni pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial dan kemurahan hati.
 
"Sepuluh negara teratas cenderung memiliki peringkat tinggi dalam keenam variabel, serta ukuran emosional kesejahteraan," kata John Helliwell, rekan editor dalam laporan terkait yang juga merupakan seorang profesor emeritus ekonomi di University of British Columbia.
 
"Memang benar, pada tahun lalu semua orang Finlandia lebih bahagia daripada penduduk negara lain. Namun, imigran mereka juga paling bahagia di dunia," tegas Helliwell. (Jr.)**
 
Sepuluh besar negara paling bahagia di dunia:

1. Finlandia

2. Denmark

3. Norwegia

4. Islandia

5. Belanda

6. Swiss

7. Swedia

8. Selandia Baru

9. Kanada

10. Australia.

 

 

.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,