Tol Cisumdawu Seksi II & III Bisa Digunakan Mudik Lebaran

Tol Cisumdawu Seksi II & III Bisa Digunakan Mudik Lebaran

Ruas Tol Cisumdawu Seksi II dan III bisa digunakan untuk mudik Lebaran 2019. (foto - ist)

Bandung - Ruas  Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) seksi II dan III ditargetkan  bisa  dipergunakan  sebagai jalur alternatif mudik Lebaran 2019. Sejauh ini, proses pembangunan masih terus berlangsung.
 
Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa, Jalan Tol Cisumdawu terbagi dalam enam seksi. Seksi I dan II sepanjang 28,80 mm itu menjadi kewenangan pemerintah. Sementara seksi III sampai VI sepanjang 32,2 km dibangun oleh Badan Usaha Jalan Tol dalam hal ini PT Citra Karya Jabar Tol.
 
Untuk progres pembangunannya dinilai cukup signifikan. Untuk pengadaan lahan di seksi I yang menghubungkan Cileunyi - Rancakalong, sudah mencapai 65,86 persen dan konstruksinya mencapai 14,26 persen.
 
"Untuk Seksi II Rancakalong - Sumedang dengan panjang 17,35 km posisi terakhir pembebasan lahan sudah 92 persen konstruksi 81,71 persen. Seksi III sepanjang 4,5 km Sumedang - Cimalaka pembebasan lahannya sudah 99,74 persen, konstruksinya hampir 60 persen," kata Iwa di Gedung Sate Bandung, Senin (25/3/2019).
 
Untuk itu, pihaknya menargetkan pembangunan seksi I, II dan III Tol Cisumdawu dari Jatinangor hingga Cimalaka bisa selesai tahun 2019. Bahkan, seksi II dan III sudah bisa digunakan menjadi jalur alternatif mudik lebaran tahun ini.
 
Meski jalur tersebut belum memadai seluruhnya, lebaran nanti sudah bisa digunakan. "Untuk seksi II dan III diharapkan lebaran ini sudah bisa digunakan, karena sebenarnya sudah hampir rampung," katanya.
 
Sementara untuk seksi lainnya, ada yang belum dilakukan pembebasan lahan maupun konstruksi. Di seksi IV misalnya, pengadaan lahannya baru 8,36 persen. Seksi V belum ada pembebasan dan konstruksi, sedangkan di seksi VI pembebasan lahan 16,17 persen.
 
"Diharapkan seksi I - III tersebut selesai pada tahun 2019 ini, sedangkan secara keseluruhan pembangunan proyek Tol Cisumdawu bisa diselesaikan pada tahun 2020," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,