Pencurian Minyak Rugikan Pertamina Rp 14 Milyar

Pencurian Minyak Rugikan Pertamina Rp 14 Milyar

Kapolda Jabar, Irjen Pol. M. Iriawan

Bandung – Aksi pencurian minyak yang terjadi di Kampung Batanggede, Desa Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Kab. Subang selain menyebabkan kebakaran besar dan korban jiwa juga membuat PT. Pertamina harus rugi hingga milyaran rupiah.

Menurut keterangan Kapolda Jabar, Irjen Pol. M. Iriawan, pelaku pencurian melakukan aksinya sejak dua bulan lalu dengan kedok sebuah warung.

“Dalam warung pelaku melakukan penggalian pencurian minyak Pertamina dari saluran milik terminal bahan bakar minyak Balongan Indramayu, agar tidak diketahui masyarakat, warung itu hanya sebagai kamuflase,” terang Irjen Pol. M. Iriawan, Jumat (12/09/2014).

Masih kata Irjen Pol. M. Iriawan, pelaku dalam setiap harinya berhasil mencuri BBM baik solar atau premium sebanyak 800 liter.

“Selama 58 hari pelaku sudah melakukan aktifitas ini, sehari kurang lebih berhasil mencuri 800 liter BBM, oleh ulah mereka selama 58 hari itu pertamina rugi Rp. 14 milyar,” katanya.

Akibat perbuatan para pelaku, mereka dijerat pasal 187 ayat 3 dan pasal 363 KUHP Pidana tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman maksimal seumur hidup. Dalam aksinya pelaku yang berjumlah lebih dari lima orang ini membagi tugas dengan menjadi otak intelektual, pengebor, dan pemasaran, akibat ulah kelompok pencuri BBM ini, PT. Pertamina dirugikan Rp. 14 milyar.

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,