Mantan Pelatih Chelsea Tangani Ghana

Mantan Pelatih Chelsea Tangani Ghana

Mantan Pelatih Chelsea Avran Grant Tangani Ghana

Accra - Mantan pelatih Chelsea Avran Grant menjadi pelatih baru timnas Ghana setelah menyepakati kontrak berdurasi 27 bulan, demikian diumumkan asosiasi sepak bola negara tersebut pada Kamis (27/11/2014).
 
Pria Israel berusia 54 tahun itu, yang gagal meraih kesuksesan di Liga Champions bersama Chelsea pada 2008 akibat kalah adu penalti dari Manchester United pada pertandingan final, akan mengarsiteki Ghana pada Piala Afrika yang akan berlangsung pada Januari.
 
Grant menggantikan Kwesi Appiah yang memimpin "Bintang-bintang Hitam" pada Piala Dunia 2014 di Brazil, namun ia dipecat pada September.
 
Presiden Federasi Sepak Bola Ghana Kwesi Nyantakyi berkata pada konferensi pers bawha ia telah memberikan mandat untuk "tampil baik di Piala Afrika 2015 dan menjuarai Piala Afrika 2017." Asosiasi sepak bola mengidentifikasi Grant sebagai pelatih pilihan beberapa pekan silam, namun memerlukan persetujuan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, dan hal itu telah didapat pada pekan lalu.
 
Terdapat pula kecemasan bahwa paspor Israelnya akan membuat dirinya mendapat kesulitan untuk melakukan perjalanan ke negara-negara Arab di Afrika utara.
 
"Semua hal-hal luar biasa dengan Tuan Grant telah diselesaikan dan kami meyakini bahwa ia merupakan pria yang tepat untuk pekerjaan ini," kata Nyantakyi.
 
Ini merupakan pekerjaan internasional kedua untuk Grant yang melatih Israel antara 2002 sampai 2006, di mana mereka nyaris menembus putaran final di Jerman.
 
Ia juga sempat melatih West Ham United dan Portsmuth.
 
Pekerjaan terakhir Grant adalah di Partizan Belgrade, di mana ia menghabiskan lima bulan terakhir pada musim 2011/2012 dan memimpin tim ke gelar Serbia sebelum mengundurkan diri dengan menyisakan satu tahun dalam kontraknya.
 
Ghana tampil kurang meyakinkan meski lolos ke putaran final Piala Afrika yang akan diselenggarakan di Equatorial Guinea.
 
Mereka terakhir kali meraih gelar pada 1982, namun mencapai semifinal pada empat edisi Piala Afrika terakhir, serta finis sebagai runner up di Angola pada 2010.(AY)
.

Categories:Sepak bola,
Tags:sepak-bola,