Beberapa Tips untuk Lulus ke PTN lewat Jalur SNMPTN

Beberapa Tips untuk Lulus ke PTN lewat Jalur SNMPTN

Beberapa Tips untuk Lulus ke PTN lewat Jalur SNMPTN. (foto - Syifa Wardani Putri)

PENDAFTARAN SNMPTN sebentar lagi akan dibuka, mungkin kamu sangat mengharapkan lolos ke PTN dengan menggunakan jalur SNMPTN ini. Masuk Perguruan Tinggi Negeri favorit menjadi impian kebanyakan siswa dan siswi SMA/SMK termasuk orang tua mereka.
 
Diterima di PTN melalui jalur SNMPTN tidaklah mudah, butuh perjuangan dan proses yang harus dilewati. Kamu bisa mengikuti tiga penyeleksian untuk masuk di perguruan tinggi negeri atau PTN, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri. 
 
Berikut beberapa tips agar lolos ke Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN.
 
1.      Nilai setiap semester
 
Memiliki nilai semester yang baik merupakan menjadi salah satu kebanggaan tersendiri dan orangtua. Selain itu, nilai itu juga bisa menjadi acuan buat kamu untuk mendapatkan pendidikan lanjut yang terbaik. Nilai itu menjadi faktor utama yang dilihat oleh panitia untuk lulus di SNMPTN. Tidak harus sempurna, tapi nilai itu harus stabil dari semester 1 hingga semester 5, jadi nilai kamu tidak boleh naik-turun dan selalu harus meningkat lebih bagus.
 
2.      Prestasi akademik dan non-akademik
 
Memiliki beberapa piagam atau sertifikat akademik atau non akademik selama di sekolah, bisa menjadi nilai tambahan saat mengikuti penyeleksian masuk ke PTN melalui jalur SNMPTN. Buat kamu yang memiliki kelebihan di bidang tertentu, manfaatkanlah untuk sering mengikuti kompetisi. Semakin banyak piagam atau sertifikat yang kamu punya, maka peluang masuk ke Perguruan Tinggi Negeri semakin besar.
 
3.      Tentukan Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusan
 
Menentukan PTN dan jurusan harus tepat dan sesuai dengan minat bakat, materi pelajari atau sesuai dengan cita-cita. Mencari PTN dan jurusan memang tidak mudah, setidaknya kamu harus memiliki gambaran di masa depan ingin menjadi apa.
 
Luangkan waktu untuk membuka website universitas yang kamu targetkan, agar bisa membaca informasi tentang jurusan yang kamu incar dan melihat jurusan dan mata kuliah apa saja yang akan dipelajari. Dengan melakukan hal itu, kamu bisa semakin termotivasi demi berjuang masuk di PTN dan jurusan yang dicita-citakan.
 
4.      Membuat susunan waktu untuk belajar
 
Jika sebelumnya kamu merasa waktu belajar menjadi tidak menentu, tidak ada salahnya kalau coba membuat susunan rencana jam belajar yang teratur. Hal itu akan mempermudah membuka peluang kamu lulus di SNMPTN. Disiplin untuk belajar menjadi kuncinya. Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus berjuang dan belajar. Rencana belajar meliputi dalam 24 jam, berapa jam sekiranya kamu akan luangkan untuk fokus belajar mengerjakan soal-soal ujian? Berlatih dan berlatih akan membuat kamu semakin siap menghadapi ujian nanti.
 
5.      Kurangi menggunakan media sosial
 
Menggunakan media sosial sudah menjadi konsumsi yang wajib bagi kalangan remaja. Sangat sulit rasanya kalau tidak membuka sosial media, meski dalam waktu beberapa jam saja. Untuk lulus ujian dan masuk universitas impian, kamu harus rela mengurangi waktu memainkan sosial media. 
 
Bayangkan berapa lama waktu terbuang sia-sia hanya sekadar melihat InstaStory di IG atau menonton drama di YouTube. Lebih baik bagi waktu untuk membaca dan belajar atau nonton video yang berkaitan dengan pelajaran kamu.
 
6.      Belajar bersama dan refreshing
 
Refreshing bersama teman-teman merupakan rutinitas yang tidak boleh dilewatkan pada remaja zaman sekarang. Selain itu, cobalah menjadi lebih positif dengan belajar bersama. Mengajak teman-teman refreshing sambil belajar bersama di cafe favorit atau di tempat yang nyaman dan gunakanlah waktu untuk belajarnya dengan sebaik mungkin.
 
7.      Berdoa dan meminta restu orang tua
 
Tidak ada hasil yang menghianati usaha. Namun, usaha tanpa adanya bantuan doa juga akan sia-sia. Berdoalah untuk hasil yang terbaik atas perjuangan kamu dalam belajar, agar kamu lulus dalam tahap SNMPTN. Selain berdoa sendiri, kamu juga harus meminta bantuan doa kepada orang tua dan keluarga, karena segala sesuatu yang direncanakan hanya Tuhan yang menentukan hasilnya.
 
Mulai dari sekarang harus selalu berusaha dengan sekuat tenaga. Selain itu, kamu bisa mencoba mendaftarkan diri ke konsultan pendidikan untuk menambah waktu belajar diluar sekolah. Salah satu konsultan pendidikan terbaik adalah Edulab.
 
Sebab, di Edulab selalu menekankan pentingnya pendekatan personal dalam mendidik, sehingga siswa yang dilayani dapat mencapai potensi maksimal yang nantinya dapat meraih cita-cita pendidikan mereka. Di Edulab juga membantu siswa agar terus meningkatkan nilai akademik di sekolah, agar saat mendaftar jalur SNMPTN siswa pun percaya diri dengan nilai-nilai akademik yang mereka miliki. (Syifa Wardani Putri)**
.

Categories:PenaCikal,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait