India Tembak Jatuh Satelitnya dengan Rudal Anti-Satelit

India Tembak Jatuh Satelitnya dengan Rudal Anti-Satelit

Proses penembakan satelit India di luar angkasa. (foto - ReutersTV)

New Delhi - India menembak jatuh salah satu satelitnya di ruang angkasa dengan rudal anti-satelit, Rabu (27/3/2019). Perdana Menteri India Narendra Modi menyebutkan, penembakan itu bukti terobosan besar negaranya di bidang luar angkasa.
 
Dalam keterangannya Modi menyebutkan, India akan menjadi negara keempat yang menggunakan senjata anti-satelit, setelah Amerika Serikat, Rusia dan Cina Kemampuan seperti itu telah menimbulkan kekhawatiran karena memicu perlombaan antar-negara.
 
Kementerian luar negeri Cina mengatakan, pihaknya berharap semua negara "dapat sungguh-sungguh melindungi perdamaian abadi dan ketenangan di ruang angkasa". Amerika Serikat dan Rusia juga sama-sama menolak memberikan komentar.
 
Tidak ada komentar dari Pakistan yang sering terlibat konflik dengan India. "Ilmuwan kami menembak jatuh satelit 300 kilometer di luar angkasa, di orbit bumi," tegas Modi.
 
"India telah membuat prestasi yang luar biasa hari ini," katanya, berbicara dalam bahasa Hindi. "India mendaftarkan namanya sebagai kekuatan luar angkasa". (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,