Kota Garut Dikepung Banjir Usai Diguyur Hujan sejak Sore

Kota Garut Dikepung Banjir Usai Diguyur Hujan sejak Sore

Banjir melanda sejumlah wilayah di pusat kota Kabupaten Garut. (foto - ant)

Garut - Sejumlah wilayah di pusat kota Kabupaten Garut terendam banjir, selepas hujan deras yang mengguyur, sejak Rabu (27/3/2019) sore sekitar pukul 16.00 WIB.
 
Hingga Rabu malam hujan pun masih masih belum berhenti. Hujan terus turun dengan intensitas cukup tinggi. Wilayah yang paling parah terdampak banjir, yakni kawasan Desa Haurpanggung Kecamatan Tarogong Kidul.
 
Banjir menggenangi sejumlah rumah warga dengan ketinggian air sekitar 50 cm. Bahkan di beberapa titik tinggi air mencapai 1 meter. Berdasarkan keterangan dari Koramil 1111/Tarogong, sedikitnya ada 34 rumah warga di Haurpanggung yang terendam. "Kondisi paling parah di RT 1 dan 2 RW 16 dan RT 1 RW 11 Desa Haurpanggung," kata Danramil Tarogong Kapten Inf Jaja.
 
Menurutnya, di wilayah itu masjid dan bangunan madrasah ikut terendam. Banjir disebabkan luapan anak Sungai Cimanuk serta saluran air yang tertutupi sampah. "Banjir ini karena luapan saluran kecil yang tersumbat," katanya.
 
Petugas dari BPBD, TNI, Polri serta pegawai kecamatan tampak siaga di lokasi. Sejumlah mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk menyedot air dari rumah warga.
 
Sejauh ini, petugas masih mendata bangunan yang terdampak. Sejumlah warga terlihat mengungsi ke tempat yang lebih aman. "Sekitar jam 5 air mulai naik. Parahnya selepas Maghrib, air mulai masuk rumah. Kita mengungsi dulu ke rumah saudara," kata sejumlah warga Haurpanggung.
 
Selain pemukiman warga, sejumlah jalan protokol di pusat kota juga sempat tak bisa dilalui kendaraan, karena terendam banjir. Menurut BPBD, setidaknya ada 7 jalan yang tidak bisa dilalui karena genangan air.
 
"Antara lain Jalan Bratayudha, Jalan Pembangunan, Jalan Proklamasi, Jalan Guntur Malari, Jalan Terusan Pembangunan, Jalan Ciateul dan Jalan Otista. Diimbau, pengendara roda dua tidak melewati jalan itu karena banyak genangan air," tulis BPBD Garut. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,