Terdakwa Kasus Pembunuhan Kim Jong-nam Dibebaskan

Terdakwa Kasus Pembunuhan Kim Jong-nam Dibebaskan

Doan Thi Huong dibebaskan dari segala tuduhan awal Mei. (foto - Getty Images)

Kuala Lumpur - Warga negara Vietnam yang menjadi terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong-nam,  saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan dibebaskan dari segala tuduhan pada awal Mei mendatang.
 
Dilansir Telegraph, Senin (1/4/2019) sebelumnya, Doan Thi Huong (29 tahun) didakwa hukuman mati karena membunuh Kim Jong-nam pada Februari 2017 lalu. Doan tertangkap kamera saat mengoleskan cairan beracun VX ke ajah Kim Jong-nam di bandara Kuala Lumpur.
 
Sidang Doan berakhir Senin ini, setelah jaksa menawarkan untuk mengurangi tuduhan pembunuhan yang lebih rendah, yakni menyebabkan orang lain cedera oleh senjata berbahaya. Ia menerima kesepakatan pembelaan dan dijatuhi hukuman lebih dari tiga tahun penjara, dipotong masa tahanannya. "Lamanya hukuman penjara akan menunjukkan keadilan," sebut Hakim Azmi Ariffin.
 
Saat memberikan putusan vonis, hakim mengatakan kepada Doan bahwa perempuan tersebut sangat beruntung. Ia pun berharap, Doan mendapatkan yang terbaik. Terdakwa yang berdiri di ruang persidangan mengucapkan terima kasih kepada hakim, jaksa dan pemerintah Malaysia serta Vietnam. 
 
Ketika meninggalkan ruang sidang, ia mengatakan kepada wartawan bahwa dia senang atas keputusan itu, dan berharap bisa menjadi penyanyi dan aktris ketika kembali ke negaranya.
 
Sementara itu kuasa hukum Doan, Hisyam Teh Poh Teik mengatakan, kliennya akan dibebaskan pada pekan pertama bulan Mei nanti, setelah pengurangan seperti dari hukumannya karena dinilai berkelakuan baik.
 
Doan adalah satu-satunya tersangka yang tersisa dalam persidangan atas kasus pembunuhan Kim Jong-nam. Tersangka lain Siti Aisyah asal Indonesia telah dibebaskan lebih dulu tanpa tuduhan, karena lobi tingkat tinggi dari pemerintahnya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,