Wilayah Kabupaten Sumenep Diguncang 3 Kali Gempa

Wilayah Kabupaten Sumenep Diguncang 3 Kali Gempa

Wilayah Kabupaten Sumenep diguncang 3 kali gempa dalam dua hari. (BMKG)

Surabaya - Wilayah Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur diguncang tiga kali gempa dalam dua hari ini. Warga pun sempat panik, dan dilaporkan ada kerusakan.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama terjadi sekitar pukul 08.22 WIB, pada Selasa 2 April. Gempa berkekuatan 5,0 SR terjadi di utara Kabupaten Situbondo dan Tenggara Kabupaten Sumenep, atau di 7.24 Lintas Selatan, 114.60 Bujur Timur.

Gempa tersebut berdampak di Situbondo, Jember, Banyuwangi dan Pulau Ra'as Sumenep. Gempa tersebut dilaporkan, menyebabkan dua orang pelajar luka ringan di Sumenep karena berebut berlarian keluar dari ruangan. 

Bahkan, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sempat dihentikan selama 15 menit. Selain itu tembok sekolah SMA Alfanisa dan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) retak-retak dan plafonnya berjatuhan.

Sedangkan gempa kedua terjadi pukul 20.09 WIB berkedalaman 16 km. BMKG mengabarkan, gempa itu berpusat di laut sekitar 78 km arah tenggara dari Sumenep.

Gempa dirasakan di Raas dan Sapudi dengan skala MMI II. Skala tersebut artinya getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sementara gempa ketiga terjadi sekitar pukul 15.32 WIB, Rabu (3/4/2019). Gempa berkekuatan 4,5 pada skala Richter itu berpusat di darat 81 km tenggara Sumenep dengan kedalaman 10 km.
.

Categories:Daerah,
Tags:,