Longsor di Cikijing Lumpuhkan Jalur Majalengka-Kuningan

Longsor di Cikijing Lumpuhkan Jalur Majalengka-Kuningan

Material longsoran menutup jalan penghubung Kabupaten Kuningan - Kabupaten Majalengka. (foto - Polres Majalengka)

Majalengka - Material  longsoran   menutup  jalan  penghubung  antara  Kabupaten  Kuningan - Majalengka,  tepatnya  di Desa Sindangpanji Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka. Akibatnya, jalur Kabupaten Kuningan - Majalengka lumpuh total.
 
Kepala BPBD Kabupaten Majalengka Agus Permana mengatakan, longsor terjadi di sembilan titik yang berada di Desa Sindangpanji. "Dari hasil pendataan ada 9 titik menutupi jalan sepanjang 1,8 km penghubung Kuningan - Majalengka," kata Agus, Selasa (9/4/2019).
 
Menurutnya, longsor terjadi pada Senin 8 April malam. Setelah kejadian, pihaknya langsung mengevakuasi puluhan warga, yang saat itu tengah melintas di lokasi longsor. "Kita melakukan evakuasi puluhan warga yang melintas jalur itu," katanya.
 
Kendati warga telah dievakuasi, masih terdapat sekitar 20 kendaraan yang terjebak di tengah longsoran. Mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan karena badan jalan tertutup tanah longsoran.
 
Sejauh ini lanjutnya, sejumlah alat berat sudah dioperasikan untuk membersihkan jalur termasuk evakuasi puluhan kendaraan yang terjebak longsor. Proses evakuasi material longsoran diperkirakan memakan waktu hingga lima hari.
 
"Faktornya curah hujan yang tinggi kemudian kontur tanahnya memang rawan longsor. Banyak pohon yang tumbang di wilayah tersebut. Untuk itu, kita mengimbau warga agar tetap berhati-hati," katanya.
 
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Atik Suswanti mengatakan, jalur penghubung Kuningan - Majalengka terputus lantaran tertimbun longsoran. Akibat kejadian itu, pihaknya langsung memberlakukan pengalihan arus.
 
"Arus lalu lintas kita alihkan ke jalur alternatif. Untuk kendaraan yang berasal dari Ciamis, Tasikmalaya dan Majalengka yang menuju Kabupaten Kuningan dialihkan ke Desa Cidulang ke Cipulus Kuningan," katanya.
 
Ia menyebutkan, jalur alternatif menuju Cipulus Kuningan hanya bisa dilalui kendaraan minibus. Sedangkan untuk kendaraan besar dialihkan menuju Jalan Raya Talaga Kabupaten Majalengka. "Pengalihan arus dilakukan untuk memperlancar proses evakuasi longsoran," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,