Kereta Kargo Terguling di Cina Tewaskan 4 Orang dan 2 Hilang

Kereta Kargo Terguling di Cina Tewaskan 4 Orang dan 2 Hilang

Kereta kargo terguling di wilayah Gongyi Provinsi Henan Cina(foto - Xinhua)

Gongyi - Sedikitnya empat orang dilaporkan tewas dan dua orang lainnya dinyatakan hilang, dalam kecelakaan kereta kargo yang tergelincir di wilayah Gongyi Provinsi Henan Cina, pada Rabu 10 April 2019 malam.
 
Seperti dilansir China Daily, Jumat (12/4/2019) kereta barang tersebut membawa 60 ton biji aluminium milik Aluminium Corporation of China Limited di Gongyi pada saat terjadi kecelakaan.
 
Disebutkan, keempat orang yang tewas yakni awak kereta dalam kecelakaan itu, sedangkan dua warga desa yang tinggal di dekat jalur kereta dinyatakan hilang.
Diketahui, jalur (rel) kereta sepanjang 22 kilometer itu dibangun pada 1950-an untuk mengangkut biji aluminium. Sejauh ini, belum diketahui mengenai penyebab kecelakaan itu.
 
Otoritas setempat menyebutkan, kereta api kargo yang mengangkut aluminum tersebut keluar dari rel yang kemudian terguling di Kota Gongyi, pada Rabu sekitar pukul 22.00 waktu setempat (21.00 WIB).
 
Departemen Penerangan Pemerintah Kota Gongyi menyatakan, dalam kecelakaan itu menyebabkan salah satu rumah di pinggir rel kereta itu pun mengalami rusak parah.
 
Kecelakaan kereta dengan korban banyak sempat terjadi di Cina pada 2011 lalu. Total ada 32 korban meninggal dalam kecelakaan kereta api cepat di Provinsi Zhejian Cina. Kereta api tersebut diketahui menabrak sebuah gerbong kereta yang sedang berhenti.
 
Kecelakaan itu terjadi di atas sebuah jembatan yang berada di Kota Wenzhou, setelah kereta yang ditabrak diketahui mogok akibat petir yang menyambar pusat tenaga listrik kereta tersebut. Di saat bersamaan sebuah kereta api cepat berada di jalur kereta itu berhenti.
 
Tabrakan pun tidak dapat dihindarkan. Akibat matinya pusat tenaga listrik untuk jalur kereta tersebut memang membuat sistem pengamanan elektronik menjadi terganggu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,