Warga Berhamburan, Gempa Sulteng terasa hingga Makasar

Warga Berhamburan, Gempa Sulteng terasa hingga Makasar

Sejumlah warga berada di ketinggian seusai gempa melanda Banggai Kepulauan Sulawesi Tenggara, Jumat 12 April. (foto - ant)

Makassar - Gempa  bumi  berkekuatan  6,9 pada skala Richter  (SR)  yang  berpusat di Kabupaten Luwuk Banggai Sulawesi Tengah getarannya terasa hingga Makassar dan sejumlah kota kabupaten lainnya.
 
Warga yang berada di Kota Makassar dan sekitarnya merasakan guncangan gempa itu kurang lebih satu menit. Namun demikian, mereka yang tengah berada di gedung bertingkat berhamburan keluar ruangan.
 
"Guncangannya terasa sekali. Kita lagi di lantai tiga langsung berlarian turun, takut kalau terjadi apa-apa. Mungkin sekitar satu menit terasa sekali guncangannya," kata sejumlah karyawan swasta yang berkantor di Jalan Cendrawasih Makassar, Jumat (12/4/2019) malam.
 
Begitupun bagi warga yang berada di Sungguminasa Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Selain di Makassar dan Gowa, guncangan gempa juga dirasakan warga di Kabupaten Luwu Timur, Wajo dan Palopo.
 
Berdasarkan keterangan petugas analisis gempa dari Pusat Gempa Regional (PGR) IV Makassar Kaharuddi menyebutkan, gempa berkekuatan 6,9 SR tersebut tepatnya terjadi pada pukul 19.40 Wita.
 
"Hasil analisa kami, kekuatan gempa 6,9 SR dan berpotensi tsunami. Peringatan sudah kami keluarkan dan terakhir peringatan tsunami sudah diakhiri 30 menit karena tidak terlihat tanda-tanda tsunami," katanya.
 
"Kekuatan gempa cukup besar, dirasakan hampir di seluruh wilayah Selatan Sulawesi. Mulai dari Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan yang hampir di tiap kabupaten warganya merasakan gempa. Tingkat guncangannya berbeda tergantung dari jarak dengan pusat gempa di Luwuk Banggai," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,