Vanessa Angel Jalani 'Pap Smear' di Rutan Wanita Medaeng

Vanessa Angel Jalani 'Pap Smear' di Rutan Wanita Medaeng

Vanessa Angel lakukan pemeriksaan. (foto - ant)

Sidoarjo - Fatma Foundation bekerjasama dengan Rutan Medaeng menggelar penyuluhan dan deteksi dini kanker serviks dan payudara. Penyuluhan diikuti oleh ratusan warga binaan Rutan Wanita Klas IIA Medaeng Jatim.
 
Salah satu penghuni rutan Vanessa Angel tampak antusias mendengarkan penyuluhan yang digelar secara interaktif itu. Vanessa duduk bersila di barisan depan bersama teman-temannya, salah satunya mucikari Nindy.
 
Kendati beberapa kali tersenyum dan tertawa saat mendengarkan penyuluhan, Vanessa tetap dingin saat ditanya wartawan. "Gimana kabarnya mbak, persiapan sidang nanti gimana?," tanya wartawan. Vanessa tetap bungkam dan menunduk serta berjalan melewati para wartawan.
 
Ia langsung masuk ke bus kesehatan Fatma Foundation dan menjalani pemeriksaan "pap smear". Tak lama setelah itu Vanessa Angel pun keluar dan kembali lagi berbaur dengan sejumlah warga binaan lainnya.
 
 
Vanessa Angel ceria mengikuti penyuluhan dan deteksi dini kanker serviks dan payudara di Rutan Wanita Klas IIA Medaeng. (foto - Kemenkumham Jatim) 
 
Pendiri Fatma Foundation, Fatma Saifullah Yusuf mengaku sangat penting deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara. Ia sengaja datang ke Rutan Wanita Medaeng agar mereka terhindar dari penyakit tersebut.
 
"Kita lakukan dan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara di Rutan Medaeng. Jangan sampai perempuan itu terkena dua penyakit ini," kata kata Fatma di Rutan Wanita Klas IIA Medaeng, Sabtu (13/4/2019).
 
Selain Rutan Medaeng katanya, dirinya sudah mendatangi dan memeriksa perempuan nelayan di Gunung Anyar Surabaya. Selain itu, yayasan yang dilaunching 4 Februari itu juga mendatangi SD Al Hikmah Surabaya, Perumahan YKP Pandugo 1, Perumahan The Gayungsari Regency dan Hotel Fatma Jombang. "Terakhir dilakukan pemeriksaan bagi perempuan nelayan di Gunung Anyar Surabaya," katanya.
 
Kasubsi Kerja Rutan Wanita Klas IIA Surabaya Siti Viona Aidillah menyambut baik penyuluhan dan pemeriksaan kanker serviks. Kegiatan ini pertama kali dilakukan dan diikuti sekitar 157 warga binaan, yang merupakan salah satu rangkaian agenda memperingati Hari Kartini di rutan.
 
"Ini kegiatan positif kebetulan kan memang ini gebrakan yang pertama. Sebelumnya, kami belum melakukan kegiatan ini dan kami menggandeng istrinya Gus Ipul Bu Fatma, ini kegiatan positif khususnya bagi warga binaan," kata Viona.
 
"Mengenai peserta seluruhnya mencapai sekitar 157 orang. Karena beberapa ada warga binaan yang lagi sakit, sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,