Bawa Uang Rp 90 Miliar, Polisi Bekuk 6 Orang di Bandara Soetta

Bawa Uang Rp 90 Miliar, Polisi Bekuk  6 Orang di Bandara Soetta

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (foto - ist)

Jakarta - Polisi menangkap sedikitnya enam orang kurir di Bandara Internasional Soekarno - Hatta Tangerang Banten, pada Jumat 12 April 2019 sekitar pukul 21.00 WIB. Keenam orang itu ditangkap karena membawa uang asing senilai Rp 90 miliar.
 
Mereka adalah Yunanto, Edy Gunawan, Gofur, Giono, Kevin dan Yudi. "Benar ada penangkapan di Bandara Soetta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan, Minggu (14/4/2019).
 
Para tersangka membawa uang asing terdiri atas Yunanto dan Edi Gunawan (Rp 42,050 miliar), Gofur (Singapura) Rp 17,4 miliar, Giono (Hongkong) Rp 12 miliar serta Kevin dan Yudi (Bangkok) Rp 18 miliar. Total mencapai sekitar kurang lebih Rp 90 miliar.
 
Meski masih enggan merinci lebih detail kasus itu, Argo memastikan saat ini semua tersangka sudah diamankan di Polda Metro Jaya. "kasusnya masih dalam penyelidikan," kata Argo.
 
Sebelumnya, beredar informasi ada penangkapan dua orang kurir di Bandara Soekarno-Hatta. Uang senilai Rp 90 miliar itu terdiri atas beberapa jenis mata uang asing, yakni 10 juta Yen, 90 juta Won, 45 ribu Riyal, 100 ribu dolar Selandia Baru, dan 3.677.000 dolar Singapura. Uang asing ini disebut-sebut sebagai milik PT Solusi Mega Artha.
 
"Mereka adalah pegawai money changer yang ada di Jakarta, dan menurut pengakuan mereka beli uang kertas asing". Meski demikian, para pelaku tak dapat membuktikan kalau mereka pegawai money changer dan telah membeli uang sebanyak itu.
 
"Sampai sekarang ini mereka belum bisa menunjukkan bukti pembelian uang asing tersebut. Termasuk belum adanya bukti uang tersebut berasal dari mana," sebut Argo. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,