Badai Hantam Wilayah Selatan AS, 8 Tewas Puluhan Terluka

Badai Hantam Wilayah Selatan AS, 8 Tewas Puluhan Terluka

Badai menghantam sebagian wilayah Selatan Amerika Serikat. (foto - @ChrisPipkinWx)

Texas - Sedikitnya   delapan  orang  tewas,  tiga  di  antaranya  anak - anak  serta  puluhan  lainnya  mengalami  luka - luka, menyusul badai menghantam wilayah selatan Amerika Serikat pada Minggu 14 April.
 
Dilansir Associated Press, Senin (15/4/2019) badai tersebut juga membuat 90 ribu warga Texas, Mississippi, Louisiana, Arkansas dan Georgia tidak bisa menikmati listrik karena dipadamkan oleh pemerintah.
 
Di Kota Houston, pihak kepolisian setempat melaporkan satu orang tewas. Badai meratakan sebagian besar sisi selatan Franklin, Texas serta menjungkirbalikkan mobil dan merusak sejumlah rumah penduduk.
 
Pihak berwenang mendata, sedikitnya ada 55 rumah mengalami kerusakan, sebuah gereja dan sebuah kontrakan. Di Hamilton, Mississippi, Robert Scott yang berusia 72 tahun mengatakan, saat ia bangun sudah berada di halaman rumahnya setelah tornado merusak sebagian besar rumahnya.
 
"Sedangkan istrinya yang berusia 71 tahun Linda, berada di bagian lain rumah itu dan juga selamat," katanya. "Kami hidup dan Tuhan telah memberkati kami," lanjut Scott.
 
Terjangan badai Tornado yang menghantam wilayah Texas pada Sabtu 13 April 2019. (foto -  @TexasGameWarden)
 
 
Sementara itu, Ahli meteorologi John Moore mengatakan, angin puting beliung akan menerjang Vicksburg, Mississippi. Badai itu diperkirakan akan terus bergerak ke arah Timur Laut, di mana dampaknya sudah sangat menghancurkan.
 
The Times Gazette melaporkan, beberapa rumah rusak setelah tornado menghantam Shelby, Ohio, pada Minggu sekitar pukul 4 malam waktu setempat. Shelby berjarak sekitar 144,83 kilometer timur laut Cleveland.
 
Badan Manajemen Darurat Kabupaten Richland melaporkan, sejumlah rumah penduduk porak poranda dan setidaknya enam orang harus dilarikan ke rumah sakit karena terluka.
 
Badai juga merusak atap sebuah hotel di New Albany, Mississippi dan 21.000 mahasiswa Universitas Negeri Mississippi berkerumun di lantai dasar dan lorong, saat tornado tersebut mendekati kampus di Starkville. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,