Jalur Rancabuaya - Pangalengan terputus Diterjang Longsor

Jalur Rancabuaya - Pangalengan terputus Diterjang Longsor

Jalur Talegong Rancabuaya - Pangalengan terputus tertutup longsor. (foto - ist)

Garut - Jalur  Talegong  Rancabuaya  arah  Pangalengan  tak  bisa  dilalui  kendaraan  (terputus),  akibat  diterjang  longsor. Longsor tepatnya terjadi di Kampung Ciawitali Desa Girimukti Cisewu Kabupaten Garut, Senin (15/4/2019).
 
Kapolsek Cisewu AKP Yayat mengemukakan, longsor terjadi sekitar pukul 16.30 WIB hingga menutupi badan jalan sepanjang 10 meter. "Material longsoran terdiri atas lumpur dan batu kerikil. Sedangkan tinggi material longsoran diperkirakan mencapai sekitar satu meter," katanya.
 
Menurut Yayat, longsor terjadi akibat kondisi tanah yang labil karena curah hujan cukup tinggi. Untuk sementara ini, jalan yang tadinya tertutup material longsor sudah bisa dilewati oleh kendaraan roda dua.
 
"Untuk kendaraan roda empat belum bisa melewati jalur tersebut. Kami sudah menghubungi Dinas PUPR. Sejauh ini, alat berat sudah ada di lokasi, kita tinggal tunggu operator," katanya.
 
Operator alat berat tersebut sudah meluncur dari Garut ke lokasi kejadian sekitar pukul 17.00 WIB, karena memang ada di Garut. "Karena hujan, mungkin ia agak tersendat di jalan," tegas Yayat.
 
Untuk kendaraan roda empat khususnya dari arah Rancabuaya menuju Bandung, untuk sementara dialihkan melalui Bungbulang. Pasalnya, selain Bungbulang tidak terdapat jalur alternatif lainnya.
 
"Beruntung lokasi longsor jauh dari permukiman warga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Kami targetkan Selasa pagi jalur sudah kembali normal, dan bisa dilewati kendaraan roda empat," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,