Gereja Notre Dame Paris yang Dibangun abad ke-12 Terbakar

Gereja Notre Dame Paris yang Dibangun abad ke-12 Terbakar

Kebakaran Gereja Katedral Notre Dame yang berada di pusat Kota Paris Perancis. (foto - Getty Images)

Paris - Gereja  Katedral  Notre  Dame  yang  berada  di  pusat  Kota  Paris  Perancis  dilanda  kebakaran  hebat.  Kebakaran itu mengakibatkan atap gereja yang dibangun pada abad ke-12 itu pun runtuh.
 
"Sedikitnya 400 petugas pemadam kebakaran dimobilisasi, warga diharap menghindari area dan ikuti instruksi petugas," demikian tulis Kemendagri Prancis dalam akun twitter resminya @Place_Beauvau, Selasa (16/4/2019).
 
Reuters melaporkan, sejauh ini petugas pemadam kebakaran masih membersihkan area di sekitar lokasi katedral. Petugas juga mengevakuasi beberapa warga yang dekat dengan lokasi kebakaran.
 
Presiden Emmanuel Macron pun membatalkan agenda kegiatannya. Seorang staf kepresidenan mengatakan, Macron mengecek lokasi kebakaran di Gereja Katedral tersebut. Gereja Notre Dame merupakan bangunan kuno yang dibangun pada abad 12.
 
Katedral yang menampilkan novel klasik Victor Hugo 'The Hunchback of Notre-Dame' itu tengah dalam tahap renovasi. Beberapa bagian di bawah perancah dan patung-patung perunggu dikeluarkan pada pekan lalu untuk pekerjaan.
 
Dalam kebakaran itu sedikitnya 400 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah. Kementerian Dalam Negeri Paris mengimbau kepada seluruh warga Paris di sekitar lokasi agar berhati-hati.
 
Petugas pemadam kebakaran masih melakukan penyelamatan. Menurut petugas kebakaran Paris, jika pemadaman tidak cepat diatasi seluruh bangunan gereja akan runtuh. "Jika tidak cepat teratasi dapat menyebabkan runtuhnya seluruh struktur," tulis akun twitter petugas Damkar Paris, @SecCivileFrance.
 
Kebakaran melanda gereja dengan bangunan yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO itu terjadi, pada Senin 15 April sore waktu setempat. Atap menara di Gereja Notre Dame itu pun telah runtuh akibat dilalap api. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,