Api Muncul di Halaman Komplek Masjid Al-Aqsa Yerusalem

Api Muncul di Halaman Komplek Masjid Al-Aqsa Yerusalem

Kobaran api muncul di halaman Masjid Al-Aqsa Yerusalem. (foto - @Mansorryaan)

Yerusalem - Kebakaran  melanda  kompleks  Masjid  Al-Aqsa  di  Yerusalem,  Senin 15  April  malam  waktu  setempat.  Api muncul di kompleks masjid tersebut waktunya hampir bersamaan dengan insiden kebakaran di Gereja Notre Dame Paris.
 
Dilansir Sputniknews.com, Selasa (16/4/2019) Departemen Wakaf Masjid al-Aqsa menyampaikan, kebakaran terjadi di ruang al-Marwani dan api diduga bersumber dari ruang penjaga masjid yang berada di atas atap ruang Marwani.
 
Berdasarkan informasi yang beredar pun menyebutkan, asap dan api muncul dari sebuah bangunan yang disebut ruang salat Marwani. Seorang penjaga mengatakan, kebakaran terjadi di ruangan penjaga di luar ruang salat Marwani. Api telah dapat dipadamkan oleh pemadam kebakaran dari Wakaf Islam".
 
Disebutkan, api tidak menyebar cepat ke bagian lainnya dan langsung bisa dipadamkan oleh para staf masjid, yang bertindak cepat dan responsif. Masjid Al-Aqsa merupakan bangunan masjid suci umat Muslim di Yerusalem, yang sekaligus menjadi pusat konflik Arab-Israel yang berkepanjangan.
 
Diketahui, ruang salat Marwani terletak di bawah sudut tenggara Bukit Kuil atau Haram al-Sharif, yang menjadi lokasi Masjid Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa.
 
Kebakaran yang terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa sempat tertutup berita kebakaran di Gereja Notre Dame di Paris Perancis. Bahkan, kantor kepresidenan Palestina Mahmous Abbas menyampaikan duka mendalam atas insiden kebakaran di Notre Dame, yang menyebabkan runtuhnya menara katedral. 
 
"Kantor kepresidenan Palestina menyampaikan solidaritas dan simpatinya terhadap insiden kebakaran yang juga terjadi di Paris Perancis," sebutnya.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Departemen Wakaf Yerusalem dan Urusan Masjid Al-Aqsa, Sheikh Azzam al-Khatid menyatakan kepada televisi Yordania, Al-Mamlaka TV, kebakaran terjadi di halaman.
 
Ia menambahkan, informasi awal yang ia terima menyebutkan kemungkinan kebakaran disebabkan oleh ulah anak-anak yang menyalakan api di kawasan itu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,