Gempa Skala 6,1 SR Guncang Taiwan Gedung pun Bergoyang

Gempa Skala 6,1 SR Guncang Taiwan Gedung pun Bergoyang

Warga berhamburan, jalan pun retak-retak di pusat Kota Taipei. (foto - Reuters)

Taipei - Gempa  bumi  berkekuatan  6,1 pada  skala  Richter  (SR) mengguncang  Kota  pesisir Hualien Taiwan,  Kamis  siang sekitar pukul 01.01 waktu setempat (05:01 GMT). Gempa itu menangguhkan layanan kereta bawah tanah di ibukota Taipei.
 
Dilansir Al Jazeera, Kamis (18/4/2019) rekaman televisi setempat menunjukkan warga dan anak-anak sekolah dievakuasi dari sejumlah gedung, saat gempa dengan kedalaman 18 kilometer itu mengguncang.
 
Sementara seorang pejabat biro cuaca mengatakan, gempa yang terjadi tersebut merupakan yang terbesar di pulau itu pada tahun ini. Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi.
 
Sebelumnya, lebih dari 100 orang tewas dalam gempa bumi di selatan pulau itu pada 2016, dan pada tahun 1999 gempa berkekuatan 7,6 menewaskan lebih dari 2.000 orang.
 
"Kami merasakan getaran gempa tersebut, bangunan pun terasa bergerak secara vertikal dan hal tersebut lebih serius dari biasanya," kata Georgia Kao, salah seorang warga Taipei.
 
"Saya sangat takut. Ini mengingatkan saya pada gempa bumi tahun 1999. Bangunan bergerak naik dan turun dan ke kanan dan kiri. Pertama yang saya lakukan membuka pintu dan meraih kedua anak perempuan saya. Untungnya, gempa tidak berlangsung lama". (Jr.)**
 
 
 
Kerusakan di sebuah kantor akibat gempa berkekuatan 6,1 SR yang mengguncang Taiwan. (foto - Mail Online)
.

Categories:Internasional,
Tags:,