Bus Kecelakaan di Selarong Puncak, 15 Penumpang Terluka

Bus Kecelakaan di Selarong Puncak, 15 Penumpang Terluka

Situasi evakuasi penumpang bus kecelakaan di Selarong kawasan Puncak Kabupaten Bogor. (foto - ist)

Bogor - Bus pariwisata mengalami kecelakaan di Selarong kawasan Puncak Kabupaten Bogor, Minggu (21/4/2019). Akibat kejadian itu, enam penumpang mengalami luka-luka.
 
Kasat Lantas Polres Bogor AKP M. Fadli Amri menyatakan, kecelakaan tunggal itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Berawal bus yang membawa 44 penumpang meluncur dari Puncak arah Jakarta. Saat melaju di turunan Selarong, bus bernopol B 7572 YZ itu mengalami rem blong.
 
Sopir bernama Suharno (29) langsung membanting stir ke kiri dan mengarahkan bus ke jalur penyelamatan. Bus kemudian berhenti setelah menabrak tumpukan ban dan dinding jalur penyelamatan. Puluhan penumpang bus pun satu persatu dievakuasi oleh warga dan polisi melalui kaca jendela.
 
Tidak ada korban tewas dalam kejadian itu. Namun, 15 orang penumpang yang berasal dari Koja Jakarta Utara mengalami luka ringan. Sebagian besar korban luka adalah emak-emak dan anak kecil. "Bus terselamatkan oleh jalur penyelamat," kata Fadil.
 
Seluruh penumpang bus telah dibawa ke RSUD Ciawi untuk mengecek kondisi kesehatannya setelah mengalami kecelakaan. "Dirawat dulu, dicek kondisinya karena banyak yang syok. Termasuk sopirnya," katanya.
 
Fadli mengatakan, kecelakaan bus umum yang sarat penumpang itu diduga karena rem blong. "Karena rem panas saat turunan, sehingga saat pedal rem diinjak tiba-tiba tidak berfungsi normal".
 
Pihak kepolisian langsung mendatangkan mobil derek untuk mengevakuasi bus itu dari jalur penyelamatan. "Penyelidikan sementara sopir dalam keadaan sadar saat mengemudikan bus tersebut," tegas Fadli. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,