Bencana, Rambu Zona Sesar Lembang Dipasang di Tiga Titik

Bencana, Rambu Zona Sesar Lembang Dipasang di Tiga Titik

BNPB pasang rambu Sesar Lembang di tiga titik di wilayah Bandung Barat dan Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung - Rambu  tentang  zona  Sesar  Lembang  dipasang  di  tiga  titik  yang  tersebar  di  wilayah  Kabupaten  Bandung dan Bandung Barat. Rambu tersebut dipasang oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
Sedikitnya ada dua rambu dipasang di wilayah Bandung Barat, tepatnya di kaki Gunung Batu dan pertigaan Sesko AU. Sedangkan satu rambu lainnya dipasang di geowisata Tebing Keraton Cimenyan Kabupaten Bandung.
 
Berdasarkan keterangan Kasi Pengendalian BNPB Tommy Haryanto, rambu itu dipasang untuk mengingatkan warga soal potensi bencana Sesar Lembang. Pasalnya, Lembang merupakan kawasan yang padat penduduk. "Dalam rangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana, kita memberikan sosialisasi langsung kepada warga," kata Tommy, Rabu (24/4/2019).
 
Sementara itu, peneliti dari ITB Nurani Rahma Hanifa mengatakan, di antara 295 sesar yang berada di wilayah Indonesia, Sesar Lembang merupakan salah satu yang telah diteliti dengan sangat baik.
 
"Resolusinya sangat baik 15 meter dari sisi kiri dan kanan, di Lembang lokasinya banyak penduduk. Dengan demikian, informasi mengenai bencana merupakan hak bagi warga untuk tahu," katanya.
 
Untuk meningkatkan kewaspadaan menurutnya, BNPB memasang di tiga titik terlebih dahulu. "Saya terharu ketika BNPB memusatkan kewaspadaan di Lembang, kita berharap langkah ini bisa ditindaklanjuti oleh Pemkab Bandung Barat," tegas Rahma.
 
Imbauan tertulis dalam rambu zona Sesar Lembang pun tertera, yakni hindari mendirikan bangunan di wilayah sesar, membuat bangunan tahan gempa serta langkah meminimalisasi kehilangan jiwa. "Kini ada aplikasi Inarisk, bisa dibuka juga lewat website. Kita jadi tahu ada potensi bencana apa di daerah yang kita datangi," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,