Jabar Segera Miliki Perda Keolahragaan

Jabar Segera Miliki Perda Keolahragaan

Jabar Segera Miliki Perda Keolahragaan

Bandung - Jawa Barat akan segera memiliki Peraturan Daerah (Perda) Keolahragaan yang saat ini tengah digodog di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jabar.
 
"KONI sudah diundang oleh DPRD Jabar untuk memberi masukan terkait penyusunan Raperda penyelenggaraan keolahragaan di Jabar itu," kata Sekretaris Umum KONI Jabar MQ Iswara di Bandung, Jumat (28/11/2014).
 
Menurut dia, insan keolahragaan Jabar sangat mendukung dan menunggu terbit dan berlakunya Perda Keolahragaan yang bisa memberikan kepastian dan optimalisasi pembinaan atlet dan pengolahragaan masyarakat.
 
Dalam penyusunan raperda tersebut, kata dia, KONI Jabar menjadi salah satu pihak yang diminta masukannya. Iswara pun mengaku akan memberikan masukan sebagai bahan penyusunan raperda yang juga berasal dari masukan KONI Kota/Kabupaten serta cabang olahraga.
 
"Masukan dari KONI Kota Bandung yang cukup konstruktif. Mulai dari jadwal kompetisi single even hingga multieven olahraga hingga periodesasinya. Kami akan mengakomodasikan juga masukan dari KONI kabupaten/kota," katanya.
 
Ia menyebutkan, penyusunan raperda pun tidak akan jauh dari ketentuan yang sudah digariskan di Undang-Undang No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN).
 
Mulai dari domain penyelenggara single even dan multieven olahraga, periodesasi kepengurusan hingga kompetisi olahraga, reward bagi prestasi olahraga hingga dukungan anggaran keolahragaan.
 
"Pada raperda penyelenggaraan keolahragaan Jabar akan lebih banyak mengandung muatan lokal, akan lebih banyak warna Jabar," katanya.
 
Ia menambahkan, dengan adanya Perda Keolahragaan maka pembinaan olahraga di Jabar bisa lebih baik, kontinyu dan lebih konsisten. Karena yang menjadi tolok ukur keberhasilan pembinaan adalah prestasi di ajang multieven olahraga baik di ajang Porda, PON hingga multieven level internasional. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:jabar,