Emil Bakal Jadikan Garut Destinasi Wisata Dunia pada 2020

Emil Bakal Jadikan Garut Destinasi Wisata Dunia pada 2020

Ridwan Kamil menjelaskan rencana Garut jadi destinasi wisata dunia di depan sejumlah menteri. (foto - ist)

Garut - Kabupaten  Garut  akan  disulap  menjadi  destinasi  wisata kelas dunia pada 2020. Gubernur Jabar Ridwan Kamil yakin, karena komitmen sejumlah kementerian untuk meningkatkan indeks ekonomi Garut lewat sektor ekonomi.
 
Sejumlah kementerian dan lembaga yang siap bersinergi dengan pemerintah daerah tersebut, antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan Badan Ekonomi Kreatif.
 
"Mudah-mudahan pada akhir tahun 2020 kita bisa kembali lagi ke sini (Garut), untuk menyaksikan perubahan yang signifikan dari kelas lokal menjadi kelas internasional. Ini wajah dari komitmen bersama yang harus kita dukung," kata Emil saat menemani kunjungan kerja tiga menteri, di Situ Bagendit Kabupaten Garut, Jumat (26/4/2019).
 
Melihat rencana pengembangan Kabupaten Garut jadi destinasi wisata dunia.
 
 
 
Menurutnya, Kabupaten Garut menjadi daerah pertama yang dijadikan percontohan pariwisata yang akan dikembangkan oleh kolaborasi pemerintah pusat dan daerah. Potensi wisata Jabar sangat luar biasa, tetapi tidak bisa diselesaikan oleh hanya satu dimensi.
 
"Ini sebuah momen langka dan strategis, lima kementerian dan lembaga berkolaborasi untuk memajukan Jabar. Khususnya Garut yang akan dijadikan percontohan sebagai pariwisata unggulan di Jabar karena punya segala potensi. Mulai dari gunung, laut, pantai, sawah, lembah air terjun dan kearifan lokalnya," tegas Emil.
 
Keindahan alam Jabar lanjutnya, sudah menjadi takdir dari Tuhan yang luar biasa. Namun, sayangnya belum ekuivalen dengan kesejahteraan masyarakat. Gini ratio atau ketimpangan kemiskinan Jabar masih di atas rata-rata nasional.
 
Salah satu faktor penyebab ketimpangan tersebut, yakni belum meratanya pembangunan infrastruktur di Jabar. Oleh karena itu, jika pemerintah pusat banyak memberikan bantuan infrastruktur pasti akan sangat bermanfaat bagi Jabar.
 
"Infrastruktur pastinya akan berdampak yang luar biasa. Kami akan jadi provinsi pariwisata, nggak diapa-apain saja alamnya sudah indah. Situ Bagendit akan menjadi episentrum kebangkitan ekonomi, kuncinya adalah orisinalitas harus diperlihatkan," tambahnya. (Jr.)**
 
Ridwan Kamil dan lima menteri meninjau Situ Bagendit Kabupaten Garut.
.

Categories:Wisata,
Tags:,