Tebing di Jalur Wisata Gunung Bromo Longsor di Dua Titik

Tebing di Jalur Wisata Gunung Bromo Longsor di Dua Titik

Tebing longsor di jalur wisata Gunung Bromo Desa Balidono Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. (foto - ist)

Pasuruan - Tebing yang berada di jalur wisata Gunung Bromo longsor, tepatnya di Desa Balidono Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Longsor tersebut terjadi di dua titik hingga menutupi badan jalan.
 
Longsor pertama terjadi di Dusun Junggo dengan ketinggian tanah yang longsor 10 meter dan lebar 3 meter. Seangkan longsor kedua terjadi di Dusun Purwono Putuk setinggi 4 meter dengan lebar 30 meter.
 
"Longsor yang membahayakan di Dusun Junggo karena tebing yang longsor tepat di atas jalan aspal, sehingga butuh penanganan segera. Harus segera dibangun plengsengan, tapi itu wewenang Pemprov," kata Camat Tosari Abdul Ghoni, Senin (29/4/2019).
 
Menurut Ghoni, wilayah Tosari merupakan daerah rawan longsor terutama saat musim hujan. "Lokasi longsor hanya ditumbuhi rerumputan, padahal seharusnya lebih banyak pohon," katanya.
 
Ia menyatakan, longsor terjadi Minggu 28 April sekitar pukul 21.00 WIB. Longsoran tanah menutupi jalan dan melumpuhkan akses wisata. Pukul 14.00 WIB, semua material longsor baru bisa dibersihkan dari jalan dengan alat berat. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,